Beredar Foto Gubernur Anies Baswedan Berendam di Sungai Penuh Sampah, Ini Realitanya

Tim Editor

Foto Gubernur Anies berendam di sungai penuh sampah adalah suntingan. Foto tersebut adalah seorang anak di sungai Yamuna di New Delhi, India. (Foto: turnbackhoax.id)

ERA.id - Sebuah akun Facebook bernama Agus Giro Bertho mengunggah sebuah konten yang memperlihatkan foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berendam di sebuah sungai yang penuh sampah. Postingan ini disukai sebanyak 514 kali dan dikomentari sebanyak 38 kali.

"Latihan khusus seblum masuk organisasi KAMI…rambo menangis melihat ini. ketawa_tak_blokir­čśé" tulis narasi dalam postingan tersebut.

Setelah ditelusuri, foto tersebut mengarah ke sebuah artikel berita dari theconversation.com yang dipublikasi pada 17 November 2017. Pada artikel tersebut berisi foto anak yang berendam di sungai penuh sampah yang diketahui berada di sungai Yamuna, New Delhi, India.

Foto artikel berita dari theconversation.com yang dipublikasi pada 17 November 2017

 

Menurut artikel dari observers.france24.com sungai tersebut tercemar oleh banyaknya pabrik dan industri kain pada daerah tersebut, sehingga menyebabkan polusi dengan level yang membahayakan. 

Sungai itu ternyata juga tempat warga lokal untuk melakukan tradisi untuk melempar bunga ke sungai sebagai bentuk persembahan, tetapi bunga-bunga tersebut mengandung pestisida dan bahan kimia sehingga turut memcemarkan sungai.

Berdasarkan dari penjelasan tersebut, foto Anies Baswedan berendam di sebuah sungai yang penuh sampah adalah tidak benar dan termasuk dalam Konten yang dimanipulasi (Manipulated Content), demikian dilansir dari laman turnbackhoax.id.

Foto Gubernur Anies berendam di sungai penuh sampah adalah suntingan. Foto tersebut adalah seorang anak di sungai Yamuna di New Delhi, India. (Foto: turnbackhoax.id)

 

Tag: berita hoaks anies baswedan cek fakta

Bagikan: