Fadli Zon Kritik Penanganan Demo, Demonstran Digebuk Seperti Pencopet

Tim Editor

Ilustrasi demo buruh (Dok. Antara)

ERA.id - Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra, Fadli Zon menilai penanganan demonstrasi saat ini perlu dikoreksi. Sebab orang akan berdemonstrasi malah ditangkap.

"Ini lucu, seolah kita ini menjadi semacam police state, negara polisi. Ini nggak boleh begitu, polisi pendekatannya harus civilian," kata Fadli dalam diskusi Youtube Forum Jurnalis Politik, Kamis (22/10/2020).

Ia memahami hal ini terjadi karena transisi. Polisi saat ini dididik secara militer. Jadi pendekatannya masih militeristik, bukan civilian.

"Justru polisi harusnya memproteksi kepentingan-kepentingan kalangan sipil dan bukan sebaliknya, menganggap yang berbeda sebagai musuh. Karena kalau melihat video mahasiswa yang ditangkapi di lapangan, sampai digebuk seperti menggebuk pencopet atau penjahat, itu sangat memalukan," kata Fadli. 

Ia menyebut saat ini konsolidasi kekuasaan berjalan dengan cepat dan berkoalisi dengan oligarki. Akibatnya kekuasaan menjadi sangat absolut.

"Lihat saja penanganan demonstrasi belakangan ini kan luar biasa. Saya kira ini juga perlu dikoreksi. Sekarang belum berdemonstrasi saja sudah dicegah atau ditangkap," katanya. 

Tag: demo mahasiswa fadli zon omnibus law

Bagikan: