Dishub Sulsel "Hukum" Anggotanya yang Viral karena Tak Bermasker

| 30 Oct 2020 19:30
Dishub Sulsel
Ilustrasi masker (Era.id)

ERA.id - Video viralnya dua pegawai Dinas Perhubungan Sulsel di Makassar pada Kamis kemarin, yang menegur orang untuk bermasker sementara mereka tak bermasker, sampai di telinga Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muh Arafah.

Akhirnya, mereka para pegawai yang secara tidak langsung mengampanyekan imbauan Menteri Kesehatan, Terawan Putranto, bahwa hanya orang sakit yang boleh memakai masker, kini diistirahatkan.

Langkah yang diambil Muh Arafah menyusul karena kedua orang bawahannya itu, tidak memberikan contoh yang baik kepada seluruh masyarakat dalam menjalankan aturan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Lewat WhatsApp, Muh Arafah mengakui kesalahan yang dibuat oleh petugas yang mengamankan lokasi kawasan Center Point of Indonesia di Jalan Metro Tanjung Bunga itu.

Terlebih Muh Arafah bilang, salah satu dari petugas Dishub Provinsi Sulsel mengutip pernyataan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto terkait penggunaan masker hanya dilaksanakan oleh masyarakat yang menderita sakit.

"Iya, pernyataan anggota saya keliru terkait dengan protokol kesehatan dan kami menyayangkan anggota yang tidak paham," ucap Arafah, Jumat (30/10/2020) tadi.

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

 

 

 

Arafah bilang, kini Dinas Perhubungan Sulsel sedang mengadakan briefing (upacara) disiplin akibat insiden di medsos tersebut. "Keduanya kami istirahatkan untuk memberikan sanksi tertulis akibat tidak memberikan contoh kepada masyarakat tentang pentingnya 3M (mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak)." tegasnya.

"Saya beserta jajaran Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel memohon maaf atas kesalahan yang dilakukan oleh petugas kami di lapangan saat menjalankan tugas," tandas Arafah.

Sekadar diketahui, petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Selatan kemarin 'diserang' karena mengimbau para pesepeda untuk menggunakan masker.

Pasalnya, petugas yang bersangkutan juga tak menggunakan masker saat bertugas mengatur arus lalu lintas di kawasan Center Point Indonesia Jalan Metro Tanjung Bunga, Kamis (29/10/2020). 

Video berdurasi 1:50 detik terkait hal ini pun menjadi viral. Video tersebut diunggah Instagram @info_kejadian_makassar.

Dalam unggahan video, pesepeda yang diduga bekerja di Pengadilan Tinggi Agama di Makassar ini ditegur Petugas Dishub Sulsel yang bernama Muhammad Ikhsan Agung. Saat itu juga, pesepeda tersebut langsung menegur balik petugas yang tidak memberikan contoh yang baik ke masyarakat.

"Menegur orang, tapi dia sendiri tidak pakai masker. Pakai masker, pakai masker, nanti saya tegur baru dia pakai masker," ucap pria pesepeda sambil merekam video petugas Dishub tanpa menggunakan masker itu.

Pada kesempatan yang sama, petugas tersebut pun membela diri sambil tertawa bahkan mengelak merasa dirinya dipermalukan oleh pesepeda yang merekamnya tanpa menggunakan masker. "Ini bapak bikin malu ki saja, ineh ku pakai mi maskerku pak, apaka ini bapak eh," tutur Agung sambil memakai maskernya dengan dialek Makassar.

Persoalan ini tak berhenti begitu saja, kedua orang ini saling berdebat tentang penggunaan masker. Bahkan, para pengendara di sekitar lokasi kejadian ikut menonton kejadian yang direkam pegawai pengadilan tersebut.

Lalu petugas Dishub Provinsi Sulsel lainnya, Arman M hendak memprotes pesepeda karena temannya sudah mengakui kesalahannya tidak menggunakan masker. Ia juga malah mengutip imbauan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto soal masker hanya digunakan oleh orang yang sakit.

"Saya kira sudah ada himbauan Pak menteri kesehatan, yang pakai masker hanya untuk yang sakit. Ada itu di media (media massa) pak," kata Arman. 

Rekomendasi