Sampai di Indonesia, Rizieq Shihab Harus Karantina 14 Hari

Tim Editor

Rizieq Shihab (Commons Wikimedia)

ERA.id - Pemerintah memberlakukan karantina mandiri selama 14 hari bagi warga negara Indonesia maupun asing, yang baru tiba di Indonesia setelah dari luar negeri. Aturan karantina juga berlaku untuk pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab yang rencananya tiba di tanah air pada 10 November mendatang.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Budi Hidayat mengatakan, meskipun WNI atau WNA sudah membawa hasil uji usap atau swab test PCR dari luar negeri dan dinyatakan valid oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), namun tetap harus menjalani karantina selama 14 hari di kediamannya masing-masing.

"(Membawa hasil PCR negatif dari luar negeri) dan dinyatakan valid oleh petugas KKP, pada pemeriksaan dinyatakan tidak sakit dan tidak ada faktor risiko kesehatan, maka dapat melanjutkan perjalanan dan menjalani karantina mandiri di rumah atau tempat tinggalnya selama 14 hari dan menerapkan protokol kesehatan," papar Budi saat dihubungi wartawan, Jumat (6/11/2020).

Imbauan untuk melakukan protokol kesehatan ketat juga sudah disampaikan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD.

Dia meminta agar saat kepulangan Rizieq nanti, jangan sampai menimbulkan kerumunan massa yang tidak menaati protokol kesehatan. Mengingat saat ini Indonesia masih berada di tengah pandemi COVID-19 dan terus melakukan kampanye protokol kesehatan sebagai "vaksin COVID-19" sementara.

Dia mengingatkan, jangan sampai sesuatu yang awalnya bertujuan baik, justru menimbulkan kemudaratan bagi banyak orang.

"Maka protokol kesehatan supaya dipatuhi agar tidak saling memudaratkan. Jangan saling menyulitkan antarumat. jadi anda jaga, orang lain jaga. Silakan," kata Mahfud seperti dikutip dari akun YouTube Kemenkopolhukam RI, Kamis (5/11/2020).

Untuk diketahui, Rizieq mengklaim akan kembali ke Indonesia pada Senin 9 November 2020 setelah memutuskan pergi ke Arab Saudi pada April 2017 silam.

Rizieq menyebut pesawat yang ditumpanginya akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta akan pada Selasa (10/11) pukul 09.00 WIB di Terminal 3.

"Insyaallah saya dan keluarga hari Senin tanggal November 2020 pukul 09.30 waktu Saudi akan terbang dari Bandara Jeddah dengan pesawat Saudi Arabia Airlines nomor penerbangan SV 816," kata Rizieq dalam keterangannya yang disiarkan di kanal Youtube Front TV, Rabu (4/11).

Setibanya di tanah air, Rizieq sudah menyusun sejumlah jadwal kegiatan seperti menghadiri salat Subuh berjamaah dan peringatan Maulid Nabi Muhammad di kediaman Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, mengunjungi Pesantren Alam dan Agrokultural Markas Syariah FPI yang terletak di Megamendung, Bogor.

Selain itu, Rizieq juga akan berencana menggelar acara Maulid Nabi Muhammad di Markas FPI, Petamburan, Jakarta Pusat. Tak hanya itu, Rizieq juga berencana ingin menikahkan anak keempatnya, Najwa Shihab.

Tag: rizieq shihab pulang

Bagikan: