Kata Mahfud, Ini Alasan Habib Rizieq Pulang ke Indonesia

| 09 Nov 2020 19:00
Kata Mahfud, Ini Alasan Habib Rizieq Pulang ke Indonesia
Rizieq Shihab (Commons Wikimedia)

ERA.id - Sebenarnya, apa sih alasan yang membuat Habib Rizieq Shihab pulang ke tanah air? Selain karena Indonesia memang tumpah darahnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkumham), Mahfud MD juga memberikan alasan lain.

Alasan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu pulang ke Indonesia, pada 10 November 2020, kata Mahfud, karena akan dideportasi oleh Pemerintah Arab Saudi.

Rizieq dianggap melakukan pelanggaran imigrasi. “Dia itu (Habib Rizieq) akan dideportasi. Karena apa? karena melakukan pelanggaran Imigrasi,” kata Mahfud MD di tayangan kanal Youtube CokroTV.

Kata Mahfud, Rizieq ingin kembali ke Indonesia, tetapi tidak mau dideportasi lantaran ia ingin pulang dengan terhormat. "Dia ingin pulang terhormat, gitu. Nah silahkan ajalah urus begitu, itu kan urusan dia dengan Pemerintah Arab Saudi, bukan urusan kita,” ujar Mahfud.

Lalu host tayangan tersebut, lalu menanyakan ke Mahfud terkait pelanggaran imigrasi yang dilakukan Habib Rizieq Shihab. “Over stay,” jawab Mahfud.

Lalu host kembali bertanya, apakah benar pemerintah Indonesia pernah menghubungi Pemerintah Arab Saudi agar Habib Rizieq tidak pulang ke Indonesia? “Selama saya jadi menteri, tidak pernah melakukan hal-hal yang seperti itu. Dan saya tanya ke kanan kiri, ke BIN, ke polisi, ke Kementerian Luar Negeri, ndak ada tuh yang begitu,” ujar Mahfud MD.

Sebelumnya, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab mengumumkan jadwal kepulangannya ke Indonesia pada 10 November 2020, mendatang. Rizieq mengungkapkan tak lagi memiliki persoalan terkait dengan kepulangannya ke Tanah Air.

“Terbang dari bandara Kota Jeddah dengan pesawat Saudia dengan nomor penerbangan SP 816,” ujar Habib Rizieq dalam tayangan kanal YouTube Front TV, Rabu (4/11/2020).

Habib Rizieq dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Selasa 10 November 2020 pukul 09.00 WIB. Dan setibanya di Indonesia, ia akan menikahkan putri keempatnya, Najwa. “Insya Allah saya akan nikahkan putri saya yang keempat Najwa dengan tunangannya, Insya Allah,” katanya.

Rizieq pun mengatakan bahwa setibanya di Tanah Air pada 10 November, ia akan beristirahat dua hari di rumah kediamannya di Petamburan, Jakarta Selatan sebelum melakukan jadwal aktivitasnya.

Rekomendasi