Sempat Dinyatakan Positif COVID-19, Mey Chan Swab Test Empat Kali

| 16 Nov 2020 13:32
Sempat Dinyatakan Positif COVID-19, Mey Chan Swab Test Empat Kali
Mey Chan (Dok. Instagram dittaofficial.id)

ERA.id - Mantan personel Duo Maia, Dita Anggraeni atau yang akrab disapa Mey Chan mengaku dirinya sempat dinyatakan positif COVID-19 beberapa waktu lalu. Sayangnya ia tak langsung percaya dan mengulang tes hingga empat kali. 

Pengalaman pahit ini diceritakan Mey Chan saat menjadi bintang tamu di kanal YouTub MAIA ALELDUL TV, Minggu (15/11/2020). Di video itu Mey Chan mengaku terkejut saat hasil swab-nya menunjukkan dirinya positif COVID-19. 

"Waktu itu mau liburan sama teman-teman, syaratnya adalah semua harus PCR swab. Aku lakukan PCR swab, pokoknya lusa terbang besok hasilnya keluar. Hasilnya positif Bunda," kata Mey Chan dikutip dari kanal YouTube MAIA ALELDUL TV 'MEICHAN (ex DUO MAIA) POSITIVE COVID, AYAHNYA MENINGGAL KARENA COVID JUGA, BALI SAAT PANDEMI, SEPI?', Senin (16/11/2020). 

Mey Chan yang terkejut dengan hasil tes itu juga mengatakan dirinya tak mengalami gejala apapun seperti pada umumnya orang yang terpapar COVID-19. Namun ia mengakui dirinya langsung panas dingin usai menerima dan melihat hasil tes menunjukkan positif. 

Mendapati dirinya positif COVID-19, Mey Chan tak langsung percaya begitu saja. Ia pun memutuskan untuk konsultasi ke dokter dan profesor khusus yang menangani COVID-19. 

"Dia (Profesor dan Dokter) bilang lakukan PCR swab lagi di tempat ini (tempat berbeda) karena ini lebih trusted katanya," ungkap wanita 34 tahun itu. 

"Hasilnya negatif," lanjutnya. 

Pelantun "Ingat Kamu" itu pun sempat heran dengan hasil tes yang ia lakukan karena hanya dalam waktu 24 jam hasil CT nya sangat berbeda jauh. 

"Masa dari CT level 24, besoknya CT level aku menjadi 40. 24 ke 40 dalam 24 jam. Kata laboratorium yang pertama, yang bilang aku positif itu, dia tetap bilang itu bukan false positive," kata Mey Chan. 

Menurutnya saat itu pihak laboratorium pertama tempat Mey Chan melakukan pengecekan mengklaim imun tubuhnya 'superman', sehingga hasil CT bisa naik dengan cepat. 

Tes PCR Swab Empat Kali

Takut dan tak yakin dengan hasil negatif dari laboratorium kedua, Mey Chan kembali melakukan tes PCR swab keesokan harinya. Ia mengaku melakukan empat kali tes PCR swab dalam empat hari berturut-turut. 

"Satu kali positif, tiga kali negatif. Dan aku itu dijauhi teman-teman," kenang Mey Chan. 

Bintang film XXL: Double Extra Large ini pun menyayangkan hasil pertama dari tes PCR swab-nya yang menyebabkan ia dijauhi dan berdampak sangat besar di kehidupannya. Demi meyakini dirinya dan juga para kerabatnya, ia pun memilih untuk melakukan tes serology. Di mana tes ini bisa dibuktikan dan lebih akurat. 

"Akhirnya aku lakukan serology karena ada namanya IgG/IgM. Jadi, kalau IgM aku negatif, IgG aku negatif, artinya di masa lalu aku tidak pernah kena COVID-19,"

Kendati demikian dari pengalaman pahit yang ia alami, Mey Chan justru memetik pesan mendalam dan bisa ikut merasakan perjuangan para pasien COVID-19, mulai dari perjuangan untuk sembuh hingga perjuangannya mengatasi mental karena dijauhi masyarakat. 

Rekomendasi