Survei CRC: Danny-Fatma Urutan Teratas di Pilkada Makassar

| 04 Dec 2020 08:30
Survei CRC: Danny-Fatma Urutan Teratas di Pilkada Makassar
Danny-Fatma/Ist

ERA.id - Survei Celebes Research Center (CRC) menempatkan pasangan calon Pilkada Makassar, Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Adama) kembali bercokol di urutan teratas. Danny-Fatma meraih 45.09 persen suara dari 1000 responden yang ikut serta dalam kontes voters di seluruh wilayah kecamatan di Kota Makassar sejak September lalu.

Sebelumnya, Danny-Fatma meraih 40.4 persen. Hasil ini terus meningkat setiap harinya menjadi 45.09 persen sejak awal hingga saat dirilis oleh CRC di Hotel Grand d'Maleo Jalan Pelita Raya, Kamis (3/12/2020) kemarin. 

Sampling pengambilan melalui penelitian seluruh masyarakat di Kota Daeng yang sudah memiliki hak pilih, yakni berusia mulai 17 tahun ke atas hingga pemilih berstatus menikah.

1000 responden mengikuti metode penarikan sampel multystage random (SMR). Tingkat toleransi dugaannya kurang lebih 3 persen pada selang kepercayaan 95 persen yang berasal dari 15 Kecamatan dengan terdistribusi secara proposional.

Metode ini tentu dengan wawancara tatap muka langsung (face to face) menggunakan kuisioner 23-28 November 2020. Sedangkan quality control wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel responden dengan mendatangi responden (spot check).

Dalam survei itu pula, di bawah Danny-Fatma, ada nama Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman) dengan mengemas 35.2 persen, disusul Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Dilan) 9.6 persen dan terakhir Irman YL-Zunnun Halid (Imun) dengan 6.6 persen.

Satu lagi metode yang digunakan oleh CRC yakni responden setelah debat publik setiap sesinya. Hasilnya, ada yang tidak tahu atau tidak jawab 12.5 persen, tahu dan menonton 50.7 persen, dan tidak akan menonton 36.8 persen.

CRC juga mengungkap banyaknya perubahan perilaku reponden masyarakat terhadap para kandidat Pilkada Makassar 2020 mencapai 80.48 persen. Di mana jumlah masyarakat yang bakal mengubah pilihannya sebanyak 18.5 persen dan tidak mengubah pilihannya mencapai 40.6 persen.

Rekomendasi