Survei SRMC: Danny-Fatma Teratas di Pilkada Makassar

Tim Editor

Konfrensi pers SMRC di Makassar, Rabu 21 Oktober 2020 (Ist)

ERA.id - Calon wali dan wakil wali Kota Makassar nomor urut 1 Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (ADAMA) diunggulkan oleh lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dengan jumlah 41.9 persen suara dari total 100 persen responden yang dilakukan secara random (acak).

Survei ini dilakukan dengan cara mengambil sampel dari 410 orang responden melalui metode multistage random sampling secara proposional. Sedangkan toleransi kesalahan (margin of error) saat dilakukan survei oleh SMRC, kurang lebih hanya 5 persen dari tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Untuk mengetahui quality control dari pengambilan data survei kali ini, tim SMRC secara acak mewawancara lewat tatap muka langsung kepada responden sebagai sampling data yang diperkirakan mencapai 20 persen dari total sampel oleh para supervisor. Saat tim yang mewawancara dengan tatap muka inilah yang menentukan bahwa supervisor yang kembali mendatangi para responden tersebut, tidak ditemukan kesalahan yang berarti.

Sementara usia para responden yang mengikuti pendataan oleh SMRC berkisar 17 tahun atau sudah menikah ketika dilakukan survei. Tentu mereka dipilih berdasarkan kategori yang sudah bisa mengikuti ajang pilkada nanti atau kata lain wajib pilih.

Dari rilis yang dikeluarkan oleh SMRC, sejumlah kecamatan dipilih pada setiap dapil yang ada di Makassar yakni Dapil 1 Makassar, Rappocini, Ujungpandang, Dapil 2 Kepulauan Sangkarrang, Tallo, Ujung Tanah, Wajo. Dapil 3 Biringkanayya, Tamalanrea. Dapil 4 Manggala, Panakukkang sedang Dapil 5 Mamajang, Mariso dan Tamalate.

Survei ini juga diambil mulai dari tingkat RT/RW hingga ke tinggat kelurahan yang sudah dipilih pada setiap kecamatan. Sebanyak 87 persen warga Kota Makassar mengetahui akan diadakan pemilihan kepala daerah pada Desember 2020 mendatang. Kategori responden yang baru akan memilih pada saat mendekati waktu pemilihan sekitar 49 persen sampai dengan hari H (pelaksanaan).

Dari cara inilah, muncul hasil survei untuk seluruh paslon Pilkada Makassar yaitu paslon nomor urut 1 Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Adama) 41.9%, paslon nomor urut 2 Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman) 17.8%, paslon nomor urut 3 Syamsu Rizal-dr.Fadli Ananda (Dilan) 16.6% dan untuk Paslon nomor urut 4 Irman YL - Zunnun Halid (Imun) 6.8%.

Survei ini dilaksanakan tiga bulan sebelum pelaksanaan Pilkada Makassar, tepatnya pada tanggal 21-25 September 2020. Kesimpulan dari survei yang dilakukan oleh SMRC dengan tingkat popularitas berdasarkan pilihan warga terhadap kandidat, lagi-lagi pasangan Danny-Fatma unggul dengan jumlah presentase 89%, Syamsu Rizal - dr.Fadli Ananda 83%, Munafri Arifuddi-Rahman Bando 81% dan terakhir Irman YL-Zunnun Halid 63%.

Tag: pilkada 2020

Bagikan: