Siapa 'Co-Pilot' Menaker Selama Ida Fauziah Karantina COVID-19?

Tim Editor

Menaker Ida Fauziyah (Dok. Kemenaker)

ERA.id - Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Soes Hindharno belum bisa memastikan siapa yang akan menerima pengalihan tanggungjawab selama Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziah positif COVID-19. Misalnya apakah Setjen Kemnaker atau eselon lainnya.

"Saya belum tahu apakah akan ke Sekjen atau ke mana," Soes saat dihubungi Era.id, Jumat (4/12/2020).

Meski begitu, menurutnya, Ida saat ini dalam kondisi baik dan sedang menjalani isolasi mandiri. Usai karantinanya dan dipastikan sehat, tentu Ida bisa kembali bertugas.

"Ibu Ida dalam kondisi sehat, sekarang karantina mandiri 14 hari. Tentunya nanti setelah sembuh bisa melakukan tugas lagi," kata Soes.

Soal Ida yang positif COVID-19, Soes meyakini politisi PKB itu tidak tertular dari lingkungan kantor Kemnaker. Pasalnya, belakangan ini Ida kerap melakukan kunjungan di luar kota maupun di luar kantor untuk menyosialisasikan berbagai macam program pemerintah, misalnya seperti Bantuan Subsidi Upah.

Meski demikian, Soes belum bisa memastikan sejak kapan Ida dinyatakan positif COVID-19. Namun dia mengaku sudah sejak awal pekan Ida tidak berada di kantor Kemnaker.

"Kan sering sama saya ke daerah-daerah atau melakukan kunjuangan dan sosialisasi seperti subsidi upah. Jadi menurut saya bukan dari kantor (terpapar COVID-19)," kata Soes.

Ia menyatakan kantor Kemenaker sudah rutin melakukan disinfektan untuk mencegah COVID-19. Tak terkecuali setelah Menaker Ida Fauziyah terkonfirmasi positif terpapar virus corona.

Soes mengaku, sejak awal pandemi COVID-19, Kemenaker termasuk salah satu kantor kementerian yang paling rajin melakukan disinfektan. Sebab, hampir setiap hari Kemnaker menerima tamu termasuk demo buruh.

"Soalnya Kemnaker kan setiap hari menerima tamu unjuk rasa, tamu ngurus perizinan macam-macam. Jadi sebulan tiga kali kami melakukan penyemprotan di seluruh ruangan kami, mulai dari kerja sampai ruang pimpinan itu rutin (didisinfektan)," ungkap Soes saat dihubungi era.id, Jumat (4/12/2020).

Sebelumnya, Ida Fauziyah mengkonfirmasi bahwa dirinya terpapar COVID-19. Namun Ida tak menjelaskan ksejak kapan ia terpapar corona. Ida hanya mengatakan, saat ini dalam kondisi sehat.

"Ya betul hasil PCR test saya Positif COVID-19," ujar Ida lewat pesan singkat, Kamis (3/12/2020).

Tag: ida fauziyah menaker ida fauziyah positif covid 19 kemenaker

Bagikan: