Profil Andi Utta: Pengusaha yang Tumbangkan Petahana di Pilkada Bulukumba Sulsel

| 11 Dec 2020 15:09
Profil Andi Utta: Pengusaha yang Tumbangkan Petahana di Pilkada Bulukumba Sulsel
Andi Utta yang menjadi jawara di Pilkada Bulukumba (Ist)

ERA.id - Tommy Satria, mantan Wakil Bupati Bulukumba yang juga maju di Pilkada Bulukumba sebagai calon bupati, tumbang. Kekuatannya dirusak oleh A Muchtar Ali Yusuf dan Edy Manaf.

Siapa sebenarnya A Muchtar Ali Yusuf, yang hampir pasti menjadi Bupati Bulukumba yang baru? Ia dikenal dengan nama Andi Utta. Awalnya, ia tidak menyangka bila dirinya akan masuk politik sebelumnya. Toh, ia hanya pengusaha.

Maju ke politik juga diakuinya tidak mudah, butuh proses dan perjuangan. Ia mengatakan, bila pikiran-pikirannya saat musa hanya dicerita, maka ia takkan berhasil membangun perusahaan dengan karyawan kurang lebih 1000 orang.

Slogannya politiknya memang "dikerja bukan dicerita". Karena hal inilah, ia sepakat maju dan percaya diri untuk bertarung melawan politisi kawakan seperi Arum Spink dan petahana seperti Tomy Satria.

Andi Utta menghabiskan masa kecilnya di Tanete. Ia bersekolah di SD negeri no 58 thn Tahun 1973. Kemudian lanjut SMP Negeri 1 Tanete. Saat SMA, ia hanya satu semester di Tanete kemudian pindah ke Makassar dan melanjutkan sekolahnya ke SMA negeri 1 jln Gunung Bawakaraeng makassar tahun 1982.

Lulus SMA, Andi Utta kecil mulai memikirkan masa depannya. Ia harus menjadi orang sukses. Pikiran mudanya itu kemudian ia kerjakan dengan membuka usaha udang laut jenis lobster dan hasil laut lainnya.

Dari sumber lain yang didapatkan era.id, Andi Utta juga punya bisnis di bidang ekspedisi serta kontraktor. Seorang sumber yang tak ingin disebut namanya mengungkap, bahwa alat berat Andi Utta sering dipinjamnya.

Andi Utta memang dikenal sebagai salah satu pengusaha eksportir udang dan hasil laut. Hasil laut itu diambil dari kampungya di Bulukumba dan Sinjai.

Setelah itu, diseberangkanlah hasil laut itu ke Australia, tepatnya di Universal Seafood Perth Australia. Dulu ia bekerja sama dengan perusahaan lain, sekarang ia mandiri menggunakan perusahaannya sendiri.

Saat itu, pada tahun 1989, Andi Utta mulai membuat perusahaan. Dimulai dari mengurus surat izin hingga mencari pasar untuk membeli hasil laut yang telah ia kumpulkan.

Untuk diketahui, KPU sudah merilis real count hasil Pilkada Kabupaten Bulukumba 2020 melalui situs web resminya. Hasilnya real count sementara pada Jumat (11/12/2020) pukul 15.04 WIB, suara yang masuk baru 797 dari 830 TPS. Jika lewat persen, terhitung 96.02 persen.

Yang jadi juara sementara yakni Andi Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf. Mereka memperoleh 38.7 persen. Disusul Askar HL-Arum Spink, memperoleh 28.8 persen. Kemudian Tomy Satria Yulianto-Makkasau memperoleh 26.8 persen, dan yang paling buncit yakni Andi Hamzah Pangki-Murniyati yakni 5.3 persen.

Rekomendasi