Ricuh! Massa Pendukung Rizieq Shihab Paksa Masuk Polres Ciamis

| 13 Dec 2020 19:45
Ricuh! Massa Pendukung Rizieq Shihab Paksa Masuk Polres Ciamis
Habib Rizieq Shihab dengan tangan terikat saat memasuki ruang tahanan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, Minggu (13/12/2020). (Foto: ERA.id)

ERA.id - Massa pendukung Habib Rizieq Shihab menyerbu masuk ke Markas Polres Ciamis di Jalan Jendral Sudirman, Ciamis, Jawa Barat, Minggu (13/12/2020). Mereka mengaku tidak terima dengan penahanan terhadap Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) yang dilakukan sejak Minggu dini hari.

Dalam video yang telah viral di media sosial, sejumlah polisi tampak berusaha menahan gelombang massa yang berusaha masuk ke ruangan Mapolres Ciamis.

"Meminta masuk ke sel. (Mereka ingin) menggantikan Habib Rizieq," demikian terdengar suara dari orang yang diduga merekam video tersebut.

Seorang pria berpakaian hitam, bertopi, dengan sarung terselempang di dadanya tampak berhasil menerobos hadangan polisi. Ia berjalan masuk ke ruang tengah Mapolres sambil mengacungkan telunjuk ke udara. Di belakangnya massa meneriakkan kalimat zikir "Lailahailallah".

Tak berapa lama kemudian upaya pembendungan massa oleh polisi gagal sehingga makin banyak massa pendukung Rizieq Shihab yang masuk ke ruangan tersebut. Namun, setelah meminta massa untuk tenang, polisi berhasil meminta puluhan pendukung Rizieq Shihab untuk keluar ruangan secara tertib.

Video lainnya, yang juga telah beredar di media sosial, menunjukkan sisi luar gedung Polres Ciamis ketika penyerbuan berlangsung. Tampak ratusan orang dari berbagai kalangan umur, umumnya berkopiah, telah memadati halaman luar Polres Ciamis. Beberapa orang terdengar meneriakkan "Terobos! Terobos!"

Seperti diberitakan di Detik.com, massa sebelumnya berkumpul di Masjid Agung Ciamis. Setelah itu, mereka berjalan kaki menuju Polres Ciamis meski harus dalam guyuran hujan.

Rekomendasi