Habib Luthfi Diangkat Jadi Penasihat Menteri Agama

Tim Editor

Habib Luthfi bin Yahya (IST)

ERA.id - Menteri Agama Fachrul Razi mengangkat Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya sebagai penasihat dalam menjalankan tugasnya memimpin kementerian.

"Menag telah meminta dan menjadikan Habib Luthfi sebagai penasihat guna memberi masukan strategis dalam memimpin Kementerian Agama," kata Staf Khusus Menteri Agama Kevin Haikal kepada media, Sabtu (19/12/2020).

Tentunya menag mengharapkan arahan dan masukan dari ulama dalam melaksanakan tugas meningkatkan kualitas kehidupan dan kerukunan umat beragama. 

"Kehadiran Habib Luthfi sebagai penasihat diharapkan dapat memberikan nasihat dan masukan kepada menag dalam upaya mewujudkan kemaslahatan kehidupan beragama di Indonesia," tutur Kevin Haikal.

Terlebih Habib Luthfi selama ini selalu berkomitmen menjaga persatuan dalam perbedaan yang ada di masyarakat. Hal itu selalu disebarkan melalui majelis yang dihadirinya. 

"Habib Luthfi sosok ulama kharismatik yang selalu dan tidak pernah lelah bicara tentang persatuan dan kesatuan di NKRI," ujar Kevin Haikal.

Ulama yang memiliki nama lengkap Maulana al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya itu berasal dari kalangan Nahdlatul Ulama. Habib Lutfhi tercatat sebagai anggota Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama sejak 2015.

Ulama kelahiran Pekalongan 10 November 1946 itu sampai saat ini masih berdomisili di Pekalongan, Jawa Tengah. Habib Lutfhi kerap menggelar dan memfokuskan pengajian dan kajian Islam di wilayah Pekalongan.

Habib Luthfi juga merupakan Rais 'Aam Idaroh Aliyah Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) periode 2017-2022. Saat ini dipercaya Presiden Joko Widodo sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden untuk masa jabatan 2019-2024.

 

Tag: profil habib luthfi bin yahya

Bagikan: