Video Jokowi Bebaskan Habib Rizieq, Langsung Dibawa ke Istana untuk Dilantik Menag Gantikan Yaqut, Cek Faktanya..

Tim Editor

Hoaks Presiden Jokowi bebaskan Habib Rizieq Shihab. (Foto: turnbackhoax.id)

ERA.id - Beredar sebuah informasi yang menyebut bahwa Presiden Jokowi membebaskan eks pentolan FPI, Habib Rizieq Shihab dari penjara. Informasi itu diunggah oleh akun YouTube Gajah Mada TV.

Video itu berjudul “HABIB RIZIEQ JD MENAG? JOKOWI & DPR SEPAKAT BEBASKAN HRS & LANGSUNG DILANTIK JD MENAG GANTIKAN YAQUT” yang diunggah di kanal Youtube Gajah Mada TV pada 5 Maret 2022.

Sementara pada gambar thumbnail video tersebut, terdapat gambar Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terlihat menggenggam tangan KH Ma’ruf dan Habib Rizieq dan narasi: “JOKOWI BEBASKAN HABIB RIZIEQ & BAWA HABIB RIZIEQ KE ISTANA?”, “HABIB RIZIEQ JADI MENAG? JOKOWI & DPR SEPAKAT”, BEBASKAN HRS & LANGSUNG DILANTIK JD MENAG GANTIKAN YAQUT.”


Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir laman turnbackhoax.id, klaim bahwa Presiden Jokowi membebaskan dan membawa Habib Rizieq Shihab ke istana serta melantik Habib Rizieq menjadi Menteri Agama menggantikan Yaqut Cholil Qoumas merupakan konten yang dimanipulasi.



Faktanya, sampai saat ini Menteri Agama masih Yaqut Cholil Qoumas. Selain itu, foto thumbnail di video itu adalah hasil editan dari foto ketika Presiden Joko Widodo menggenggam tangan Habib Luthfi dan KH Ma’ruf pada saat menghadiri Festival Sholawat Piala Presiden 2018.

Di video berdurasi 8 menit 34 detik itu sendiri tidak ada sama sekali informasi tentang resuffle kabinet atau pergantian Menteri Agama seperti yang disajikan di judul dan thumbnail. Dilansir dari situs resmi kemenag.go.id, saat ini Menteri Agama masih dijabat oleh Yaqut Cholil Qoumas.

Sementara foto Presiden Jokowi yang asli, salah satunya dimuat di artikel berjudul “Genggaman Tangan Jokowi dengan Habib Luthfi dan KH Ma’ruf Amin” yang terbit di situs Detikcom pada 24 Februari 2018.

Berdasarkan informasi di atas, isu bahwa Presiden Jokowi membebaskan Habib Rizieq dan melantik menjadi Menag menggantikan Gus Yaqut adalah Konten yang Dimanipulasi.

Tag: jokowi habib rizieq habib rizieq dibebaskan cek fakta hoaks

Bagikan: