Makna Mendalam Jaket Biru yang Dikenakan Enam Menteri Baru

| 22 Dec 2020 19:10
Makna Mendalam Jaket Biru yang Dikenakan Enam Menteri Baru
Tri Rismaharini (Dok. Youtube Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo resmi merombak jajaran menterinya dengan mengumumkan enam nama baru yang bakal menjadi anggota Kabinet Indonesia Maju. Saat diumumkan Jokowi, terlihat enam orang tersebut kompak memakai jaket biru, kemeja putih, dan celana berwarna hitam. Namun rupanya pakaian tersebut bukan tanpa makna.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, jaket tersebut diberikan Jokowi sebagai simbol menteri yang siap bekerja dalam kondisi apa pun.

"Jaket itu bahannya enak, lalu kalau panas tidak membuat keringat, kalau hujan tidak membuat basah. Artinya setiap orang yang menggunakan tidak masalah dalam cuaca apapun. Jadi maksudnya menteri kerja kapan saja, dalam suasana kapan saja siap bekerja," papar Bey kepada wartawan, Selasa (22/12/2020).

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mengumumkan enam nama menteri baru di dalam Kabinet Indonesia Kerja. Hal ini menegaskan bahwa isu perombakan kabinet benar adanya.

"Sore ini saya dan Bapak Wakil Presiden Ma'ruf Amin ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indoensia Maju," ujar Jokowi seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12/2020).

Rencananya pelantikan keenam orang tersebut akan dilakukan pada Rabu (23/12/2020) pagi.

"Pelantikan akan dilaksanakan besok pagi," kata Jokowi.

Adapun keenam menteri baru tersebut adalah Sandiaga Salahuddin Uno, Budi Gunadi Sadikin, Tri Rismaharini, Yaqut Cholil Qoumas, M Luthfi, dan Wahyu Sakti Trenggono.

Masing-masing mereka ditempatkan di pos Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Sosial, Kementerian Agama, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Rekomendasi