Jadi 'Pembantu' Jokowi, Sandiaga Uno: Tugas Teramat Sangat Berat!

| 22 Dec 2020 21:09
Jadi 'Pembantu' Jokowi, Sandiaga Uno: Tugas Teramat Sangat Berat!
Sandiaga Uno

ERA.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengaku mendapat amanah berat dari Presiden Joko Widodo sebagai 'pembantunya' menggantikan Wishnutama. 

Sandiaga harus memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dari hantaman pandemi COVID-19. Sementara kebangkitan dan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bergantung pada kondisi pemulihan sektor kesehatan dan ekonomi akibat pandemi.

"Tugas dan amanah yang disampaikan oleh bapak presiden dan wakil presiden teramat sangat berat karena kebangkitan bangsa Indonesia untuk pulih dari COVID-19 dan melanjutkan agenda pembangunan terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan sangat bergantung pada pemulihan kesehatan," ujar Sandiaga dalam konfrensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12/2020).

Selain itu, tantangan lainnya adalah menyelamatkan lapangan pekerjaan para pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sandiaga mengatakan, ada belasan hingga puluhan juta orang yang harus diselamatkan.

"Adapun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini akan menjadi lokomotif pasca pandemi Covid-19 untuk kita melanjutkan agenda-agenda pembangunan di sektor ini untuk terus membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia," kata Sandiaga.

Untuk menjawab tantangan itu, Sandiaga mengaku sudah menyiapkan sejumlah strategi. Misalnya, melakukan strategi inovasi berbasis teknologi, penggunaan big data, dan pendekatan terbaru untuk memetakan potensi serta penguatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Supaya pelaku dalam sektor ini tidak hanya bertahan, tapi juga menangkap peluang di tengah pandemi.

Sandiaga juga akan menggunakan strategi adaptasi. Menurutnya, di tengah pandemi, sektor pariwisata harus beradaptasi dengan protokol kesehatan.

Berikutnya adalah Sandiaga ingin berkolaborasi Kementerian Lembaga dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dari provinsi hingga kabupaten/kota, akademisi universitas, masyarakat hingga dunia usaha.

"Semoga Allah SWT meridhoi dan memberikan kekuatan kita untuk keluar dari pandemi Covid-19 ini dan membangun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang lebih baik lagi ke depan," pungkasnya.

Rekomendasi