Sandiaga Masuk Kabinet, Irma Suryani NasDem: Akhirnya Jadi Pembantu Jokowi

| 22 Dec 2020 19:01
Sandiaga Masuk Kabinet, Irma Suryani NasDem: Akhirnya Jadi Pembantu Jokowi
Dok. BPMI

ERA.id - Presiden Jokowi mengumumkan 6 menteri baru di Kompleks Istana, Jakarta, Selasa (22/12/2020). Sandiaga Uno dipercaya Presiden Jokowi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama.

Sandiaga bersama kelima menteri baru Jokowi muncul dengan mengenakan setelan hitam putih berbalut jaket biru. Jokowi memperkenalkan Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Beliau adalah dulu Wagub DKI Jakarta, ketua Hipmi, dan sekarang ini beliau akan kita beri tanggung jawab untuk Kementerian Pariwisata," kata Jokowi.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP Partai NasDem, Irma Suryani Chaniago mengatakan reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden. Namun, penunjukan Sandiaga yang notabene adalah lawan politik Jokowi-Ma'ruf saat Pilpres 2019 lalu membuat para anggota koalisi kecewa.

"Kalau ditanya kecewa atau tidak? pasti akan kecewa jika kawan-kawan para pejuang garis depan tidak diperhatikan, karena mereka juga para politisi dan aktivis yang memiliki kapasitas, kapabilitas dan akuntabilitas," kata Irma Suryani, kepada ERA.id, Selasa (22/12/2020).

Irma juga menyinggung pernyataan Sandiaga yang menolak masuk kabinet Jokowi saat penyusunan Kabinet Indonesia Maju pada Oktober 2019 silam.

"Sandiaga akhirnya mau jadi pembantu Presiden Jokowi, artinya semua pernyataan beliau di pilpres kemarin terbukti hoaks kan?" ucapnya.

Rekomendasi