Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono Ngaku Masih Belajar

Tim Editor

Sakti Wahyu Trenggono (Dok. BPMI)

ERA.id - Presiden Joko Widodo resmi melantik Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Indonesia Maju. Trenggono yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan ini ditunjuk Jokowi untuk menggantikan Edhy Prabowo yang tersangkut kasus korupsi ekspor benih lobster.

Usai dilantik, Trenggono mengaku cukup kaget saat pertama kali dihubungi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada hari minggu lalu yang mengabarkan dirinya mendapatkan amanat dari Jokowi-Ma'ruf Amin untuk mengelola Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Saya diberitahu oleh bapak Menteri Sekretaris Negara minggu lalu dan terus terang ini adalah berita yang cukup mengagetkan," ujar Trenggono seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/12/2020).

Berlatar belakang sebagai pengusaha telekomunikasi, hingga dijuluki sebagai raja menara, Trenggono mengaku harus belajar banyak mengenai kelautan. Apalagi, kata dia, Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga harus dikelola dengan baik.

"Saya harus banyak belajar tentang laut. Kita ini adalah negara kepulauan yang daratannya lebih sedikit dibandingkan dengan kelautan, kalau kita kelola dengan baik, itu akan memberikan manfaat yang besar bagi bangsa dan generasi berikutnya," kata Trenggono.

Untuk itu, Trenggono mengaku sudah menyiapkan sejumlah terobosan di Kementerian Kelautan dan Perikanan, salah satunya adalah memastikan keberlangsungan daripada ekosistem di laut tidak rusak. Dengan demikian, kata Trenggono, masyarakat yang hidupnya bergantung dari hasil laut akan mendapatkan manfaat dan kesejahteraan yang lebih baik.

Selain itu, Trenggono juga akan mengevaulasi kebijakan yang ada di Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

"Itu yang akan kami lakukan dalam waktu yang saya kira tidak lama barangkali 1-2 bulan ke depan saya akan belanja masalah untuk mengevaluasi semua apakah yang sudah dilakukan, mana yang baik kita lanjutkan yang tidak baik kita hentikan," kata Trenggono.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik enam Menteri Kabinet Indonesia Maju yakni Tri Risma Harini sebagai Menteri Sosial (Mensos), Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Yaqut Cholil Coumas sebagai Menteri Agama, dan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.

Tag: sakti wahyu trenggono menteri kelautan dan perikanan

Bagikan: