Terawan Lepas Jabatan Menteri Kesehatan: Saya Betul-Betul Mohon Maaf

| 29 Dec 2020 19:35
Terawan Lepas Jabatan Menteri Kesehatan: Saya Betul-Betul Mohon Maaf
Terawan Agus Putranto. (Irfan/ERA.id)

ERA.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggelar serah terima jabatan Menteri Kesehatan (Menkes) dari Terawan Agus Putranto kepada Budi Gunadi Sadikin. Acara ini berlangsung selang satu pekan usai Presiden Joko Widodo merombak kabinet Indonesia Maju.

Dalam kesempatan itu, Terawan mengucapkan selamat datang kepada Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk Presiden Jokowi menggantikan posisinya sebagai Menteri Kesehatan. Dia berharap Budi Gunadi dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono bisa melanjutkan kerja di Kementerian Kesehatan dengan baik.

"Selamat datang dan selamat bekerja kepada Bapak Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan RI dan dr Dante Saksono selaku Wakil Menteri Kesehatan di Kemenkes RI," ujar Terawan dalam acara yang disiarkan melalui kanal YouTube Kemenkes RI, Selasa (29/12/2020).

"Saya mengharapkan untuk semuanya tetap bekerja dengan baik, melayani masyarakat dan juga menjalankan sesuai dengan norma-norma yang berlaku," imbuhnya.

Meskipun posisinya digantikan, Terawan mengaku bersyukur pernah diberikan kepercayaan sebagai Menteri Kesehatan. Dia juga menyampaikan banyak permintaan maaf selama satu tahun bertugas ini.

"Saya menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya bila di dalam kedinasan ada hal-hal yang berkenan di hati bapak ibu semua baik itu sengaja maupun tidak sengaja dalam perkataan maupun saya. Saya betul-betul mohon maaf lahir dan batin," ucap Terawan.

Terawan mengatakan, usai tak lagi menjabat sebagai Menteri Kesehatan, dirinya akan kembali melanjutkan tugas profesinya sebagai dokter. Untuk selanjutnya, Terawan berjanji akan terus mengabdikan diri bagi kepentingan bangsa dan negara 

"Semoga semuanya berjalan dengan baik dan saya akan meneruskan profesi saya apa pun yang diizinkan. Kalau itu diizinkan saya akan mengerjakan, kalau diizinkan mengerjakan yang lain ya saya kerjakan. Itu wujud bakti saya kepada bangsa dan negara," katanya.

Acara serah terima jabatan menteri kesehatan ini memang sedikit terlambat karena Terawan masih berada di luar daerah untuk mengecek fasilitas kesehatan. Adapun Budi Gunadi Sadikin yang menggantikan Terawan sebagai Menteri Kesehatan telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Desember lalu. 

Budi Gunadi yang tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang kesehatan ini, ke depannya akan dibantu oleh Dante Saksono Harbuwono yang ditunjuk sebagai Wakil Menteri Kesehatan.

Rekomendasi