Tujuh Kapal Patroli KPLP Dikerahkan Cari Pesawat Sriwijaya Air di Perairan Kepulauan Seribu

Tim Editor

Kondisi terkini di Jakarta Internasional Container Terminal atau JICT 2, Jakarta Utara. (Ilham/ERA.id)

ERA.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengerahkan 7 kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP).

Hal itu untuk membantu pencarian pesawat Sriwijaya Air SJY-182 rute Jakarta-Pontianak yang dilaporkan hilang kontak siang tadi (9/1/2021).

Ketujuh kapal tersebut 5 unit di antaranya merupakan armada Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok yaitu KN. Trisula P-111 yang saat ini sudah berada di wilayah perairan Kepulauan Seribu; KN. Alugara P-114; KN. Celurit P-203; dan KN. Belati P. 205. Selain itu, RIB SAR PLP Tanjung Priok juga disiagakan.

"Adapun Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kepulauan Seribu mengerahkan 2 kapal patroli yaitu KN.355 dan V.S054 yang akan berangkat besok pagi," kata Kepala Bagian Organisasi dan Humas Ditjen Perhubungan Laut Wisnu Wardana dalam keterangan tertulisnya.

Direktur KPLP, Ahmad menjelaskan bahwa kapal-kapal patroli KPLP siap siaga dan segera bergabung dengan tim SAR dibawah komando dari Basarnas untuk melakukan pertolongan dan pencarian korban pesawat Sriwijaya Air tersebut.

Sementara itu, nakhoda kapal Trisula, Eko Surya mengatakan bahwa kapal Trisula telah menemukan benda-benda yang diduga milik Sriwijaya Air. Hingga saat ini, kapal Patroli Trisula masih berada dilokasi untuk terus melakukan pencarian dan pertolongan.

Tag: sriwijaya air sriwijaya air hilang kontak sriwijaya air jatuh sriwijaya air sj182

Bagikan: