Pengamat: Waspadai Kelompok Teroris Anti-Calon Kapolri Beragama Katolik

| 12 Jan 2021 13:02
Pengamat: Waspadai Kelompok Teroris Anti-Calon Kapolri Beragama Katolik
Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo (Dok. Humas Polri)

ERA.id - Komjen Listyo Sigit Prabowo dikabarkan dicalonkan sebagai Kapolri. Jika lancar, maka Komjen Sigit akan menjadi Kapolri pertama di era Reformasi yang beragama Katolik. 

"Pilihan Presiden sudah tepat karena berdasarkan faktor loyalitas dan profesionalisme, " ujar Direktur The Indonesia Intelligence Institute Ridlwan Habib dalam keterangan tertulis, Selasa (12/1/2021).

Meski begitu, analis keamanan ini mengingatkan potensi kelompok kelompok teroris yang tidak suka dengan calon Kapolri beragama Katolik. 

"Bagi kelompok seperti JAD atau MIT, polisi halal diserang, apalagi polisi yang dipimpin seorang Katolik, tambah membuat mereka marah, " ujarnya. 

Karena itu, Ridlwan berharap Polda Polda di seluruh Indonesia meningkatkan kewaspadaan. Terutama saat situasi fit and proper test calon Kapolri baru. "Densus 88 harus siaga satu terutama di polres polres daerah yang jauh dari Jakarta," ucapnya. 

Komjen Sigit pernah menjabat sebagai ajudan Jokowi dan juga sebagai Kapolres Solo saat Jokowi menjadi walikota tahun 2011.

"Presiden perlu figur Kapolri yang terbiasa berkoordinasi dan sudah faham karakternya, " ujar Ridlwan. 

Selain itu, Komjen Sigit juga pernah menjadi Kapolda Banten.

Rekomendasi