FDR Black Box Sriwijaya Air SJ182 Tiba di JICT, Begini Kondisinya

Tim Editor

FDR Black Box Sriwijaya Air (Diah Ayu/era.id)

ERA.id - Flight Data Recorder (FDR) dari black box pesawat Sriwijaya Air SJ182 ditemukan. FDR itu kini sudah dibawa dan tiba di Dermaga JICT II, Jakarta Utara.

Pantauan di lokasi, Selasa (12/1/2021), FDR itu tiba di JICT pukul 18.03 WIB. FDR langsung diturunkan dari kapal oleh sejumlah petugas.

Terlihat FDR diletakkan di dalam sebuah kotak bening. Terlihat kotak bening itu diisi air dan tampak ada kotak berwarna oranye yang merupakan FDR black box Sriwijaya Air. FDR itu diperlihatkan kepada awak media.

FDR Black Box Sriwijaya Air (Diah Ayu/era.id)

 

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan proses penemuan FDR black box pesawat Sriwijaya Air SJ182. Hadi menyebut tim penyelaman TNI AL awalnya menemukan pecahan dari cangkang black box FDR.

"Hari ini tepat jam 14.00 Kepala Staf Angkatan Laut menyampaikan informasi kepada saya bahwa sesuai dengan perkiraan yang sudah ditentukan di wilayah yang sudah ditandai telah ditemukan bagian dari flight data recorder pada jam 14.00," kata Hadi.

Hadi mengatakan tim awalnya menemukan pecahan FDR. Lalu dilakukan pencarian di lokasi yang sama hingga ditemukan bagian FDR yang lainnya.

"Kepada Staf menyampaikan bahwa bagian yang ditemukan justru adalah pecahan dan underwater acoustic bicken yang fungsinya memberikan sinyal dan saya sampaikan kepada KSAL agar terus dicari FDR yang kemungkinan besar masih di wilayah yang menjadi perkiraan kita semuanya," ucapnyanya.

Saat ini tim masih mencari Cockpit Voice Recorder (CVR).

 

Tag: black box sriwijaya air penemuan kotak hitam pesawat sriwijaya air sj182

Bagikan: