Gempa di Majene, Pemerintah Harus Utamakan Operasi Tanggap Darurat

Tim Editor

Puan Maharani (Dok. DPR RI)

ERA.id - Gempa berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang Majene, Sulawesi Barat pada Jumat (15/1/2021) dini hari tadi. Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah mengutamakan operasi tanggap darurat untuk menyelamatkan mencari korban.

"Utamakan penyelamatan dan pencarian korban, serta menolong masyarakat yang terdampak serta kerahkan sumber daya daerah dan nasional guna penyelamatan korban," ujar Puan melalui keterangan tertulis, Jumat (15/1/2021).

Pemerintah daerah dan pemerintah pusat harus berkoordinasi untuk penanganan bencana. Menurut Puan, koordinasi antar pemangku kepentingan sangat penting dilakukan karena gempa dilaporkan terasa hingga wilayah Palu, Sulawesi Tengah, dan Makassar, Sulawesi Selatan.

Oleh karena itu operasi tanggap darurat secara menyeluruh harus cepat dilakukan. Mulai dari penyelamatan para korban, penanganan terhadap kelompok rentan, pendirian Rumah Sakit lapangan, tempat pengungsian, dapur umum, serta mengantisipasi munculnya penyakit di tempat pengungsian. Lebih jauh, Puan mengingatkan agar pemerintah daerah dan pemerintah pusat mengantisipasi bencana susulan.

"Lakukan antisipasi dan perkuat upaya pencegahan penanggulangan bencana di setiap daerah terutama di daerah yang berkategori risiko tinggi bencana agar dampak bencana dapat diminimalisasir demi melindungi masyarakat dan meminimalisasir kerugian dan kerusakan jika suatu hari bencana terjadi," pungkasnya.

Tag: gempa puan maharani dpr Gempa Majene

Bagikan: