Lembaga Rabithah Alawiyah Catat Keturunan Nabi Muhammad, Benarkah Rizieq Shihab Seorang Habib?

| 03 Feb 2021 14:20
Lembaga Rabithah Alawiyah Catat Keturunan Nabi Muhammad, Benarkah Rizieq Shihab Seorang Habib?
Penyambutan Habib Rizieq di Jakarta (Era.id)

ERA.id - Masih banyak yang bertanya apakah Rizieq Shihab adalah seorang "Habib" alias keturunan Nabi Muhammad SAW. Habib sendiri merupakan gelar kehormatan yang ditujukan kepada para keturunan Nabi Muhammad.

Di Indonesia ada lembaga khusus yang mencatat keturunan Nabi Muhammad SAW. Namanya adalah lembaga Rabithah Alawiyah yang telah berdiri sejak 27 Desember 1928.

Sementara tugas pencatatannya soal daftar keturunan nabi di Indonesia, baru dilakukan pada tahun 1932. Butuh beberapa tahun memang, sebab Rabhitah Alawiyah awalnya dibentuk dengan tujuan dakwah agar masyarakat Indonesia lebih mengenal sosok Nabi Muhammad SAW.

Lama-kelamaan, lembaga ini menjadi payung bagi keluarga keturunan Nabi untuk berdakwah. Setelahnya, ia kemudian jadi rujukan untuk menghindari oknum yang mengaku memiliki gelar "Habib" padahal bukan.

Paling tidak, Rabhitah Alawiyah menjadi lembaga yang dipercaya untuk memvalidasi nasab yang berhak menyandang gelar "Habib". Semua demi harapan agar tidak ada "habib palsu" yang dapat mencoreng citra keturunan nabi di Indonesia.

Masih dari catatan Rabithah Alawiyah, setidaknya ada 151 marga segaris keturunan Nabi yang masih ada di dunia, termasuk Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Al Tuwainah, Albin Sumaithon, dan Al Quthhan. Di Indonesia, tercatat ada 68 marga keturunan Nabi yang tersisa dan tersebar di segala penjuru mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan lain-lain.

Soal figur keturunan Nabi Muhammad lah yang kemudian menarik untuk dibahas. Rabithah Alawiyah sendiri punya catatan keturunan Nabi Muhammad di Indonesia. Melansir Tirto.id, berikut adalah beberapa figur terkenal yang tercatat sebagai keturunan Nabi: Mantan Menteri Luar Negeri Ali Alatas; Mantan Menteri Agama Quraish Shihab; Presenter Mata Najwa, Najwa Shihab; Pengasuh Majelis Taklim Nurul Musthofa, Habib Hasan bin Jafar Assegaf; Habib Luthfi bin Yahya, dll.

Bagaimana tentang Rizieq Shihab, apakah ia benar keturunan Nabi Muhammad SAW? Rabithah Alawiyah mengklaim memiliki bukti bahwa Rizieq Shihab adalah keturunan Nabi Muhammad SAW. Ketua Lembaga Pencatatan Nasab Makhtab Addaimi Rabithah Alawiyah, Ustaz Ahmad Alatas, mengaku kalau Rizieq Shihab keturunan dari generasi ke-39 Nabi Muhammad SAW.

Jika diurut sampai ke Fatimah Az Zahra AS, Rizieq Shihab merupakan keturunan ke-38. "Kalau sampai ke Siti Fatimah dia ke-38. Kalau sampai ke Nabi Muhammad SAW dia ke-39," kata Ahmad, dikutip dari Suara.com, Jumat (13/11/2020). Dengan begitu, menurut Rabithah Alawiyah, gelar "Habib" boleh disandang oleh Rizieq Shihab.

Silsilah keturunan Rizieq Shihab hingga Nabi Muhammad SAW. (Foto: Istimewa)

Lalu siapa marga yang bukan keturunan Nabi Muhammad SAW, yang kerap didengar namanya di Indonesia? Beberapa di antaranya yakni Al Gadri, Ba’asyir, Bamu’min, dan lain-lain. Salah satu sosok yang dikenal dari marga non-keturunan Nabi tersebut adalah Novel Bamu’min, yang kerap dipanggil sebagai Habib Novel.

Pada tahun 2015, Ketua Umum DPP Rabithah Alawiyah, Sayyid Zen Umar bin Smith mengaku bahwa Novel Bamu’min bukanlah keturunan Nabi. "Novel Bamukmin itu bukan sayyid apalagi habib," katanya, dikutip dari Republika.co.id, Sabtu (11/10/2015).

Bamu’min sendiri adalah marga dari orang Hardramaut biasa, artinya bukan berasal dari keluarga yang satu kabilah atau bukan kaum dari satu ayah yang bisa dilacak ke atas sebagai keturunan Nabi.

Rekomendasi