Kadin Buka Pendaftaran untuk Vaksin Mandiri, Kapan Dimulai?

| 10 Feb 2021 13:33
Kadin Buka Pendaftaran untuk Vaksin Mandiri, Kapan Dimulai?
Ilustrasi (Dok. BPMI)

ERA.id - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) membuka pendaftaran bagi perusahaan yang akan mengikuti program vaksinasi COVID-19 jalur mandiri. 

Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani mengatakan, pendaftaran tahap awal bagi perusahaan yang berminat akan dibuka hingga 17 Februari 2021.

"Batas waktu pendaftaran tahap awal yang rencana berakhir pada tanggal 10 Februari 2021, dikarenakan beberapa perusahaan masih membutuhkan waktu maka pendaftaran dimundurkan hingga tanggal 17 Februari 2021," ujar Rosan melalui keterangan tertulis, Rabu (10/2/2021).

Rosan menyebut, program vaksinasi COVID-19 jalur mandiri ini diperkirakan bisa menjangkau hingga 20 juta pekerja di sektor formal. 

"Total 40 persen dari angkatan kerja yang jumlahnya 130 juta orang adalah 52 juta orang. Sehingga, kemungkinan yang ikut adalah setengahnya, yakni sekitar 26 juta orang, atau setidaknya 20 juta pegawai," kata Rosan.

Dia mengatakan, regulasi dan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 jalur mandiri ini masih dalam tahap penyusunan. Ditergetkan pada pekan ketiga di bulan Februari truan tersebut sudah selesai.

Lebih lanjut, Rosan memastikan bahwa program vaksinasi mandiri ini akan berlangsung setelah program vaksinasi prioritas dari pemerintah yang menyasar tenaga medis dan pelayan publik selesai di lakukan.

Dia sendiri memperkirakan program vaksinasi mandiri mulai berjalan dari Kuartal I 2021 hingga awal Kuartal II 2021.

"Diperkirakan pelaksanaan program Vaksinasi Gotong Royong bisa mulai dilaksanakan dalam rentang kuartal I tahun 2021 hingga memasuki awal kuartal II tahun 2021," kata Rosan.

Selain itu, Rosan juga memastikan bahwa program vaksinasi tersebut tidak dibebankan kepada karyawan, melainkan ditanggung oleh masing-masing perusahaannya. Jenis vaksin yang akan digunakan pun di luar dari Sinovac atau merek lain yang ada dalam daftar program vaksinasi gratis pemerintah.

Menurutnya, program vaksinasi mandiri ini sangat diminati, khususnya bagi perusahaan-perusahaan padat karya dan yang berada di zona merah.

"Perusahaan-perusahaan mengharapkan agar vaksinasi bisa segera dilaksanakan sehingga memberikan rasa aman dan nyaman dalam beraktivitas. Kita juga berharap agar iklim usaha segera pulih dan perekonomian dapat bergerak," pungkasnya.

Rekomendasi