Beredar Foto Jokowi Tak Pakai Masker dan Berkerumun: Kenapa Tidak Ditangkap? Ternyata Begini Faktanya

Tim Editor

Hoaks Jokowi berkerumun. (Foto: turnbackhoax.id)

ERA.id - Sebuah akun Facebook bernama Myar mengunggah sejumlah foto yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berada dalam kerumunan. 

Postingan itu juga disertai narasi mempertanyakan mengapa sosok pada foto itu tidak ditangkap dan didenda.

"Pemerintah menegaskan berkerumun dan tidak pakai masker didenda dari menyanyi sampai denda 150 juta. Kenapa orang itu gk pk masker dan berkerumun gk ditangkap dan didenda..#nanya," tulis narasi pada postingan tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir laman turnbackhoax.id, foto tersebut merupakan potongan dari video yang ditayangkan oleh iNews TV pada 13 Februari 2021, tayangan tersebut sebagai ilustrasi terkait topik buzzer.

Situasi yang memperlihatkan Jokowi berada dalam kerumunan seperti yang ada dalam video tersebut, sebenarnya sudah beredar pada tahun 2018. Di antaranya Jokowi yang menggunakan jaket merah itu terkait blusukannya ke pasar Anyar, Tangerang, Banten pada 4 November 2018.

Selain itu, pada video tersebut juga terlihat Jokowi menggunakan kaos coklat dengan gambar #01. Diketahui video tersebut terkait dengan kehadiran Jokowi di acara deklarasi dukungan "Perempuan Keren" untuk pemenangan Jokowi-Amin yang diadakan di Tangerang, Banten pada 2018.

Dengan demikian, klaim gambar Jokowi seperti pada postingan akun Facebook Myar adalah tidak benar dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Tag: jokowi pandemi COVID-19 cek fakta Satgas COVID-19 protokol kesehatan berkerumun tak pakai masker hoaks jokowi berkerumun

Bagikan: