Viral Video Warga NTT Berkerumun Sambut Presiden Jokowi, Ini Tanggapan Istana

Tim Editor

Presiden Joko WIdodo (IST)

ERA.id - Viral sebuah video yang menunjukan kerumunan warga saat Presiden Joko Widodo mengunjungi Nusa Tenggara Timur (NTT) di media sosial. 

Dalam video berdurasi 30 menit itu nampak warga mengerubungi mobil yang ditumpangi orang nomor satu di Indonesia tersebut. Terlihat pula Jokowi sempat menyapa dan melambai-lambaikan tangan serta membagi-bagikan souvenir kepada warga yang berkerumun.

Terkait hal tersebut, pihak istana buka suara. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin membenarkan video yang beredar itu di Maumere, NTT. Dia mengatakan, kejadian itu terjadi setibanya Jokowi di Maumere, NTT saat perjalanan hendak menuju Bendungan Napun Gete.

"Benar itu video di Maumere. Setibanya di Maumere, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bendungan Napun Gete," ujar Bey kepada wartawan, Selasa (23/2/2021).

Bey menyebut, saat dalam perjalanan, masyarakat sudah menunggu rangkaian rombongan dari pinggir jalan. Karena itu, mobil yang ditumpangi Jokowi lantas melambatkan laju kendaraan dan membuat iring-iringan rombongan berhenti.

Ketika rombongan berhenti, Jokowi lantas menyapa masyarakat dari atap mobil. Bey mengatakan, secara kebetulan, Jokowi memang sedang menggunakan mobil dengan atap yang dapat dibuka. 

Menurutnya, apa yang dilakukan Jokowi adalah tindakan spontan atas antusiasme warga yang ingin melihat presiden dari dekat. Selain itu, kata Bey, Jokowi juga tetap mengingatkan warga yang berkerumun untuk memakai masker.

"Jadi sebenarnya, itu melihat spontanitas dan antusiasme masyarakat Maumere menyambut kedatangan Presiden Jokowi. Dan kebetulan mobil yang digunakan Presiden atapnya dapat dibuka, sehingga Presiden dapat menyapa masyarakat, sekaligus mengingatkan penggunaan masker," kata Bey.

"Karena kalau diperhatikan, dalam video tampak saat menyapa pun Presiden mengingatkan warga untuk menggunakan masker dengan menunjukkan masker yang digunakannya," imbuhnya.

Terkait Jokowi yang membagi-bagikan souvenir kepada warga yang berkerumun, Bey juga menjelaskan bahwa itu merupakan tindakan spontan dari mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Adapun souvenir yang dibagikan Jokowi antara lain berupa kaus, masker, dan buku tulis.

"Itu spontanitas presiden untuk menghargai antusiasme masyarakat, souvenirnya itu buku, kaos, dan masker. Tapi poinnya, presiden tetap mengingatkan warga tetap taati protokol kesehatan," ucap Bey.

Diketahui, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk meninjau lumbung pangan (food estate) di Desa Makata Keri, Kabupaten Sumba Tengah dan meresmikan Bendungan Napun Gete, Kabupaten Sikka pada Selasa (23/2/2021).

Tag: jokowi viral protokol kesehatan kerumunan hoaks jokowi berkerumun

Bagikan: