Satgas COVID-19: Mutasi B117 Tak Pengaruhi Efikasi Vaksin Corona

Wiku Adisasmito (Dok. BNPB)

ERA.id - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID1-19 Wiku Adisasmito menegaskan, vaksin COVID-19 yang digunakan di Indonesia saat ini masih efektif melawan virus corona, termasuk strain baru B117 dari Inggris.

"Pemerintah memastikan vaksin COVID-19 yang saat ini digunakan di Indonesia masih efektif dalam melawan mutasi COVID-19 asal Inggris yaitu B117," ujar Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube BNPB, Kamis (4/3/2021).

Karena itu, Wiku meminta masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya kabar kasus strain baru COVID-19 B117 dari Inggris yang masuk ke Indonesia. Dia memastikan, mutasi virus tersebut tidak akan mempengaruhi efikasi vaksin yang ada saat ini.

Meski begitu, Wiku mengimbau agar masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk membantu memutus rantai penularan COVID-19.

"Kami meminta masyarakat tidak perlu khawatir terkait dengan dampaknya masuknya varian COVID-19 B117 terhadap efikasi vaksin. Namun demikian, kami meminta kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatn sebagai langkah pencegahan penularan COVID-19," tegasnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono mengumumkan adanya kasus mutasi virus Corona dari Inggris atau B117 di Indonesia. Menurutnya, sejauh ini sudah ditemukan dua kasus mutasi virus corona B117.

"Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117 UK di Indonesia, ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus," ujar Dante dalam acara 'Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca Pandemi' yang ditayangkan YouTube Kemenristek /BRIN, Selasa (2/3/2021).

Sementara, Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Covid-19 Kabupaten Karawang Fitra Hergyana mengatakan dua kasus mutasi virus corona strain B117 asal Inggris ditemukan di Karawang, Jawa Barat.

Menurutnya, strain B117 dibawa oleh dua orang pekerja migran Indonesia (PMI) dari Arab Saudi. Mereka adalah dua perempuan berinisial M dan A.

Dari uji whole genome sequencing diketahui mereka telah terpapar corona varian baru asal Inggris.

"Setelah kemarin menerima kabar temuan kasus Covid-19 B117 di wilayah Karawang. Tim Dinkes Karawang, Dinkes Jabar dan Kemenkes sudah bergerak cepat meneliti dan mencari informasi terkait varian baru virus tersebut dengan melakukan tracing dan testing kepada keluarga yang bersangkutan," ucapnya.

Tag: bnpb covid-19 di indonesia vaksin covid-19 Satgas COVID-19 wiku adisasmito Mutasi COVID-19

Bagikan: