Sambangi Rutan Solo, Gibran Soroti Kelebihan Kapasitas Penghuni Rutan

| 09 Mar 2021 19:30
Sambangi Rutan Solo, Gibran Soroti Kelebihan Kapasitas Penghuni Rutan
GIbran Rakabuming (Amalia Putri/ Era.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengunjungi rumah tahanan (Rutan) Kelas I Solo, Selasa (9/3). Dalam kunjungannya, Gibran menyoroti persoalan over capacity penghuni rutan.

"Tadi saya mampir sebentar. Memang Rutan Solo sudah sangat over kapasitas," katanya, Selasa (9/3/2021).

Namun dirinya belum mau menyinggung lebih jauh terkait relokasi rutan. Sebab ia masih perlu mempelajari lebih detail.

"Nanti kita bicarakan lebih detail lagi. Ini saya baru kunjungan pertama, baru kesini sekali kok langsung ngomong relokasi," katanya.

Namun dirinya mengapresiasi hasil produk binaan dari warga binaan Rutan Kelas I Solo. Sebab mereka bisa menjahit, membuat kerajinan tangan hingga sablon. "Kedepan bisa kita tingkatkan lagi (alatnya)," katanya.

Sementara itu Kepala Rutan Kelas I Solo Urip Dharma Yoga mengatakan, dalam kunjungannya, Gibran berpesan meningkatkan keamanan di rutan. Pasalnya saat ini jumlah warga binaan sudah melebihi kapasitas.

Saat ini jumlah warga binaan Rutan kelas I Solo ada sebanyak 535 orang. Sedangkan kapasitasnya sendiri hanya 289 orang. Jumlah warga binaan dua kali lipat dari kapasitasnya.

"Di sini ada tiga wilayah hukum, Solo, Sukpoharjo dan Karanganyar. Semuanya masuk ke rutan ini," katanya.

Terkait wacana relokasi rutan, Urip mengatakan telah digulirkan sejak lama. Namun wacana ini belum dapat direalisasikan hingga kini. "Nanti kita bicara lebih lanjut terkait ini," ucapnya.

Rekomendasi