DPR Tanya Kabar Kasus Harun Masiku, KPK: Kami Cari Belum Ketemu juga

Tim Editor

Ilustrasi RDP Komisi III (Gabriella Thesa/era.id)

ERA.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan masih terus memburu mantan politisi PDI Perjungan Harun Masiku. Namun, usaha tersebut masih belum membuahkan hasil, KPK mengaku belum bisa menemukan Harun Masiku hingga saat ini.

"Kasus Harun Masiku yang masih sampai hari ini terus kami coba buru belum ketemu juga," ungkap Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (10/3/2021).

Mendengar pernyataan tersebut, anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Demokrat Benny K. Harman sempat menyampaikan interupsi. Dia ngotot bertanya soal perkara korupsi yang menarik perhatian publik, yang sebelumnya disampaikan Nawawi.

Nawawi sekali lagi lantas menjawab bahwa perkara Harun Masiku maupun perkara korupsi lainnya seperti kasus bantuan sosial (bansos) maupun ekspor benih lobster atau benur, masih terus diusut dan didalami oleh KPK.

"Penanganan perkara-perkara yang menarik perhatian masyarakat, antara lain perkara Harun Masiku yang masih terus dalam perburuan kami Pak Benny, masih belum ketemu," kata Nawawi.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengaku pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mencari dan menemukan Harun Masiku. Seperti diketahui, Harun merupakan tersangka kasus suap komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang masih buron sejak Januari 2020 lalu.

Meski demikian, Alex meyakini Harun Masiku masih berada di Indonesia.

“Kami meyakini yang bersangkutan (Harun Masiku) masih di dalam negeri, kalau sistemnya berjalan dengan baik. Pintu-pintu keluar yang resmi itukan sudah ditutup. Kecuali dia kemudian keluarnya lewat pintu-pintu yang tidak terdeteksi, seperti perahu kan. Kalau lewat pintu resmi yang dijaga imigrasi, tidak akan lolos,” kata Alex di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (2/3/2021).

 

Tag: kpk dpr harun masiku dimana harun masiku keberadaan harun masiku

Bagikan: