Serang KLB Partai Demokrat Versi Moeldoko, Pengamat: SBY dan AHY Lagi Panik

| 10 Mar 2021 19:06
Serang KLB Partai Demokrat Versi Moeldoko, Pengamat: SBY dan AHY Lagi Panik
KLB Partai Demokrat (Muchlis/era.id)

ERA.id - Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat, di Deli Serdang, Sumut dicap abal-abal oleh Susilo Bambang Yudhono (SBY) dan Agus Harimutri Yudhoyono (AHY). Pengamat politik Lucius Karus menilai SBY dan AHY sedang panik.

"Mereka bilang (KLB) abal-abal, tapi kok mereka nampak panik. Kalau memang abal-abal harusnya tak perlu panik," ujar Lucius kepada ERA.id, Rabu (10/3/2021).

Lucius meminta semua pihak bersabar menunggu keputusan Kemenkumham. Seperti diketahui, kini Kemenkumham sedang mengkaji hasil kepengurusan Partai Demokrat versi Ketua Umum Jenderal Purn Moeldoko.

"Untuk menunggu itu butuh kesabaran sambil konsolidasi ke dalam. Jangan maki-maki abal-abal di luar sekedar untuk mendowngrade lawan main," ucapnya.

Sebelumnya, Kemenkumham berjanji akan memproses hasil KLB Demokrat di Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara. 

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly juga menegaskan, Kementerian Hukum dan HAM akan bersikap obyektif dalam menangani kisruh Partai Demokrat. Yasonna pun meminta Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono agar tidak menuding pemerintah terkait kisruh tersebut. 

"Hanya saya pesan kepada salah seorang pengurus Demokrat kemarin, saya pesan tolong Pak SBY dan jangan tuding-tuding pemerintah begini, pemerintah begitu," kata Yasonna kemarin.

Rekomendasi