Terungkap! Menkes Sebut Mutasi Virus Corona B117 Sudah Menyebar Lewat Transmisi Lokal

| 15 Mar 2021 17:52
Terungkap! Menkes Sebut Mutasi Virus Corona B117 Sudah Menyebar Lewat Transmisi Lokal
Ilustrasi (Antao/era.id)

ERA.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan ada temuan kasus strain kasus virus COVID-19 B117 yang ada di Indonesia tidak hanya berasal dari kasus impor negara lain. 

Menkes menyatakan telah terjadi transmisi lokal penyebaran mutasi virus corona B117.

Budi mengatakan, awalnya memang diketahui strain COVID-19 B117 dibawa oleh dua orang pekerja migran asal Indonesia (PMI) yang baru kembali dari Arab Saudi pada Januari 2021. Namun, sejumlah kasus mutasi virus Corona menyebar melalui transmisi lokal.

"Dua yang pertama dari Saudi Arabia untuk varian B117 UK dan empat sampel kemudian diketahui berasal dari transmisi lokal," ungkap Budi dalam rapat kerja (Raker) dengan Komisi IX DPR RI di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (15/3/2021).

Adanya temuan transmisi lokal strain COVID-19 B117, Kemenkes telah melakukan penelurusan kontak erat atau tracing terhadap mutasi virus Corona tersebut. Namun, dia memastikan seluruh kasus saat ini sudah berstatus negatif.

"Kami sudah menindaklanjuti untuk tracing-nya dan alhamdulillah sampai sekarang semuanya masih negatif. Sekarang kami akan terus memperbanyak dan memperketat whole genome sequencing (WGS) ini dengan memanfaatkan seluruh jaringan lab," kata Budi. 

Sebelumnya, pemerintah mengabarkan bahwa ada empat kasus strain baru COVID-19 dari Inggris atau B117 yang ditemukan di sejumlah provinsi di Indonesia. Angka ini menambah daftar temuan sebelumnya yang hanya dua kasus. 

Laporan temuan kasus mutasi virus Corona B117 diketahui dari hasil identifikasi yang dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi (Kemenristek/BRIN).

Empat kasus mutasi virus Corona B117 terjadi di antara tanggal 6 Januari hingga 28 Januari lalu. Serta ditemukan di empat provinsi yaitu Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Kalimantan Timur, dan Provinsi Kalimantan Selatan.

Rekomendasi