Giliran Keponakan JK Erwin Aksa yang Diperiksa Polisi Usai Sadikin Tersangka

| 24 Mar 2021 10:12
Giliran Keponakan JK Erwin Aksa yang Diperiksa Polisi Usai Sadikin Tersangka
Erwin Aksa (Celebes Media)

ERA.id - Setelah adiknya menjadi tersangka dan diperiksa yakni Sadikin Aksa, kini mantan Ketua Tim Pemenangan Appi-Rahman di Pilkada Makassar lalu sekaligus Komisaris Utama PT Bosowa Corporindo, Erwin Aksa yang diperiksa tim penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Keponakan Jusuf Kalla itu diperiksa bersama enam orang saksi dalam perkara perbankan yang melibatkan mantan direktur utama PT Bosowa Corporindo Sadikin Aksa. "Kemarin telah dilakukan pemeriksaan terhadap komut EA (Erwin Aksa) dan telah dilakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan dengan 70 pertanyaan mulai dari jam 10 sampai 17.00 WIB," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (23/3).

Dalam pemeriksaan itu, penyidik mendalami tugas pokok seorang komisaris utama sekaligus tanggung jawab selaku pengawas korporasi dalam memastikan seperti apa perusahaannya menjalankan perintah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Adalah MSA sebagai pemegang saham, AA sebagai pemegang saham, MA pemegang saham, RA pemegang saham, SM direksi Bosowa, dan M legal Bosowa," ungkap Ramadhan.

Meski begitu, enam saksi di atas tak bisa menghadiri panggilan polisi. Untuk itu, penyidik Bareskrim Polri menjadwalkan ulang pemanggilan mereka pada 25 Maret 2021, besok.

Sebelumnya, kasus Sadikin Aksa sendiri berawal ketika Bank Bukopin sudah dalam pengawasan intensif sejak Mei 2018 akibat permasalahan tekanan likuiditas. Kemudian kondisinya semakin memburuk dalam kurun Januari-Juli 2020. Selanjutnya, OJK pun mengeluarkan perintah tertulis kepada Sadikin Aksa selaku dirut Bosowa untuk penyelamatan perusahaan. Namun, diduga Bosowa tidak menjalankan perintah surat tersebut.

Rekomendasi