Amien Rais: Selalu Buat Ruwet, Kenapa Jokowi Masih 'Pelihara' Mahfud?

Tim Editor

Amien Rais (Dok. Instagram @amienraisofficial)

ERA.id - Politikus senior Amien Rais kembali mengkritik pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan memberikan tanggapannya terhadap kondisi politik negeri ini. Melalui kanal YouTube pribadinya, ia menyinggung perihal oligarki yang makin kesini kian berkembang. Ia juga menilai bahwa saat ini jiwa kepemimpinan presiden Jokowi telah berubah termasuk dalam hal kewibawaan.

"Saya melihat aura wibawa yang merosot dari waktu ke waktu, kalau saya harus terus terang, Pak Jokowi awal kepresidenan ada semacam harapan terang, tekad memihak kepentingan rakyat," ujar Amien Rais.

"Namun, setelah saya amati telah terjadi proses back sliding, jadi kebetulan demokrasi secara sangat cepat menuju kepada semacam otoritarianisme, dan demokrasi negara kita secara tiba-tiba menjadi oligarki yang ganas," tambah Amien Rais.

Selanjutnya eks ketua MPR itu juga menyoroti anak buah presiden termasuk menteri Jokowi yang membantu memimpin Indonesia. Meski tak menyebutkan nama, ia menilai menteri Jokowi haus akan kekuasaan sehingga berdampak pada kepemimpinan presiden jokowi.

"Tapi umumnya malak (bawahan) haus kekuasaan sehingga melihat kekuasaan menjadi dopping, diminum ketagihan, itu kecelakaan politik," kata Amien Rais.

Lebih lanjut bagi Amien Rais, Jokowi sudah tidak bisa lagi tegas dalam membuat keputusan, bahkan Amien juga tak segan mengungkit masa periode pertama. Kata dia, Jokowi telah membawa portofolio kegagalan sejak awal menjabat.

"Sejak awal sesungguhnya kelihatan Pak Jokowi nggak begitu capable sehingga tahun pertama membawa portofolio kegagalan," ujar Amien Rais.

"Para menteri bukan first class, second range, kemudian nampak pada saat di mana Jokowi mengatakan sesuatu yang menyangkut nasib bangsa dan negara malah tidak berkata-kata," tandasnya.

Bersamaan dengan hal itu Amien Rais juga turut menyinggung nama Mahfud MD yang dianggap selalu membuat kebijakan politik yang ruwet. Dan ia juga mengaku heran atas keputusan Jokowi yang sampai saat ini masih 'memelihara' Mahfud.

"Kemudian Mahfud dipercaya. Tapi, menurut saya biasanya Mahfud selalu membuat ruwet, Itu kenapa 'dipelihara' Mahfud? Saya nggak tahu. Wallahualam," tandas Amien Rais.

Tag: jokowi amien rais mahfud md analisa politik menko polhukam mahfud md

Bagikan: