China Kirim Lagi 10 Juta Dosis Vaksin Sinovac ke RI

| 04 Apr 2021 16:18
China Kirim Lagi 10 Juta Dosis Vaksin Sinovac ke RI
Vaksin (Dok. BPMI)

ERA.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan stok vaksin Covid-19 terus bertambah lantaran Indonesia akan menerima 10 juta dosis vaksin Sinovac, pada April ini.

Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan, saat ini Indonesia masih memiliki stok vaksin Covid-19 sebanyak 28 juta dosis. 

Dari jumlah tersebut, sebanyak 5 juta sudah didistribusikan ke beberapa provinsi dan kabupaten/kota. 11 juta dosis vaksin akan didistribusikan di awal bulan ini.

"Sisanya masih dalam proses untuk vaksin jadi sebanyak 12 juta. Selain itu di bulan April kita akan menerima lagi dari Sinovac sebanayak 10 juta dosis," ungkap Nadia, Sabtu (3/4).

Terkait kebijakan India mengembargo vaksin, Nadia mengakui hal tersebut mempengaruhi pengiriman vaksin AstraZeneca ke Indonesia. Pengiriman kemungkinan akan dilakukan pada bulan Mei.

"Sehingga pengiriman tertunda menjadi Mei 2021," ujarnya.

Meski pengiriman vaksin AstraZeneca terganggu, lanjut Nadia, tetap masih ada waktu mengejar target herd immunity atau kekebalan kelompok melalui vaksinasi terhadap 181,5 juta orang.

"Ini akan selesai sampai akhir Desember 2021. Tentunya masih ada waktu untuk kita mempercepat cakupan vaksinasi sesuai jadwal," pungkasnya.

Rekomendasi