Modal Pidato Dua Menit, Anies Dapat Pujian dari Sekjen PBB

| 19 Apr 2021 17:40
Modal Pidato Dua Menit, Anies Dapat Pujian dari Sekjen PBB
Anies Baswedan (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat pujian dari Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) António Guterres saat berpidato di forum virtual Dialogue Between C40 Mayors and UN Secretary General-Advancing Carbon Neutrality and Resilent Recovery for Cities and Nation, pada Jumat (16/4) malam.

Dikutip dari unggahan video di akun Instagram @aniesbaswedan pada Senin (19/4/2021), Anies tiga hal kepada PBB agar bisa mendukung program pengurangan emisi karbon yang dilakukan oleh forum C40 kota-kota besar di dunia. Anies hanya diberi dua menit untuk memaparkan usulannya itu.

"Pertama-tama, PBB dapat mendorong negara-negara untuk mengakui pencapaian aksi iklim yang dilakukan pada tingkat kota dan itu perlu dihitung sebagai bagian dari National Determined Contribution (NDC) dari aksi iklim," ujar Anies.

Kedua, mantan mendikbud itu mengusulkan agar PBB yang dinilai memiliki kapasitas, dapat membantu integrasi vertikal dan horizontal pada tingkat aksi serta kebijakan.

"Terakhir, dalam rangka menuju COP 26, PBB dapat pula mendukung negara-negara untuk mengembangkan arsitektur dan struktur pendanaan yang komprehensif untuk menerjemahkan manfaat-manfaat yang diperoleh pemerintah nasional pada forum global untuk dieksekusi pada level lokal," kata Anies.

Lebih lanjut, Anies kemudian mencontohkan Jakarta sebagai kota yang yang menjalankan aksi iklim. Salah satunya adalah mengubah pembangunan berbasis mobil kepada transportasi berbasis transit. Jakarta, menurut Anies, memiliki target zero emission pada 2050.

"Jakarta telah berkomitmen untuk menjadi Kota Berketahanan Iklim. Saat ini, Jakarta telah bertransformasi dari pembangunan yang berbasis mobil ke pembangunan yang berbasis pada transit. Jakarta memimpin dalam aksi transportasi dan mobilitas yang berkelanjutan dan kami ingin melanjutkan lebih jauh," kata Anies.

Usulannya itu kemudian mendapat tanggapan dari Sekjen PBB António Guterres yang mengaku mendukung usulan Anies. Usulan itu dinilai bisa dikerjakan oleh PBB. PBB Siap menerjemahkan usulan tersebut menjadi program dari tingkat pusat hingga lokal.

"Kami sepenuhnya mendukung usulan Anda dan siap untuk melakukan yang terbaik dengan organisasi dan tim perwakilan PBB pada berbagai negara untuk sepenuhnya melalui advokasi global dengan para pemerintah untuk melakukan persis seperti yang anda usulkan kepada kami," kata António. 

Moderator David Miller juga memberikan pujian kepada Anies yang dinilai berhasil memengaruhi PBB dalam waktu dua menit saja.

"Gubernur Baswedan, anda telah berhasil mempengaruhi PBB hanya dalam waktu dua menit, bayangkan apabila Anda mendapatkan waktu empat menit," kata David.

Merespon pujian itu, Anies hanya tertawa dan mengucapkan terima kasih.

Rekomendasi