Kapal Selam Nanggala-402 Punya Cadangan Oksigen untuk Seluruh ABK

| 22 Apr 2021 12:15
Kapal Selam Nanggala-402 Punya Cadangan Oksigen untuk Seluruh ABK
KRI Nanggala 402. (Foto: Wikimedia Commons)

ERA.id - Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AL Laksmana Pertama Julius Widjojono menyebut kapal selam milik TNI AL KRI Nanggala-402 memiliki cadangan oksigen yang secara teknis mencukupi.

Diketahui, kapal selam tersebut hilang kontak sejak Rabu (21/4) di perairan Bali Utara.

"Ada, cadangan ada. Kita sudah hitung dengan kondisi 53 ABK memenuhi syarat. Kami dari TNI AL mohon doa agar kami bisa menemukan mereka dalam keadaan baik," ujar Julius dikutip dari wawancara di Kompas TV, Kamis, (22/4/2021).

Julius mengatakan, hingga saat ini KRI Nanggala-402 belum diketahui keberdaannya. Untuk mempercepat proses pencarian, sejumlah KRI dikerahkan untuk melakukan pencarian seperti KI REM, KRI I Gusti, KRI Diponegoro, dan KRI Soeharso. Selain itu, helikopter dan KRI Rigel juga dilibatkan untuk melakukan pencarian melalui pancaran sonar.

"Proses pencariannya masih berlangsung. Areanya sudah ditemukan di tempat tumpahan minyak kemarin," katanya.

Diberitakan sebelumnya, kapal selam milik TNI AL KRI Nanggala-402 hilang kontak usai latihan rudal di perairan Bali Utara.

Panglima TNI Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto membenarkan hal tersebut. Kapal tersebut diperkirakan hilang sejak pukul 03.00 dinihari, Rabu. "Baru ijin menyelam, setelah diberi clearance, langsung hilang kontak," sebut Hadi.

Menurut Hadi ada sekitar 53 orang kru di dalam kapal yang tengah latihan menembak rudal di perairan Bali itu.

Hadi mengaku hingga saat ini TNI masih melakukan pencarian. Pihaknya juga telah mengerahkan seluruh kapal yang memiliki kemampuan pencarian bawah air.

"Seluruh kapal yang punya kemampuan pencarian bawah air (dikerahkan). Besok pagi saya ke sasaran," tegasnya.

Rekomendasi