Ruang Kerja Wakil DPR Azis Syamsuddin 'Diobok-obok' KPK, Cari Bukti Suap

Tim Editor

Wakil Ketua DPR, Aziz Syamsuddin. Ia juga salah satu petinggi DPP Partai Golkar. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

ERA.id - Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bidang Penindakan Ali Fikri menyebut saat ini tim penyidik KPK sedang melakukan penggeledahan di Gedung, DPR RI.

Menurutnya, penggeledahan dilakukan untuk mengumpulkan barang bukti terkait dugaan keterlibatan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin dalam perkara suap penanganan perkara Wali Kota Tanjungbalai.

"Penggeledahan dilakukan tentu dalam rangka pengumpulan bukti-bukti terkait perkara dimaksud," ujar Ali kepada wartawan, Rabu (28/4/2021).

Terpisah, Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Habiburokhman juga membenarkan adanya penggeledahan yang dilakukan tim penyidik KPK di Gedung Nusantara III DPR RI. Tepatnya di lantai 4 yang menjadi ruang kantor Azis.

Habiburokhman mengaku ikut mendampingi tim penyidik KPK saat melakukan penggeledahan.

"Tadi ada dari KPK periksa ruangan Pak Azis sesuai tupoksi MKD, kami mendampingi. Saya dari dapil kebetulan ke sini (DPR RI) dari Cawang tadi. Iya (penggeledahan) di lantai 4," katanya.

Diketahui, Penyidik KPK mendatangi gedung DPR malam ini. Penyidik juga membawa surat penggeledahan.

Untuk diketahui, Ketua KPK Firli Bahuri mengungkapkan kongkalikong suap terkait penanganan perkara Wali Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara, M Syahrial (MS). Ada pertemuan yang dihadiri penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju dengan Wali Kota Tanjungbalai di rumah Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin.

"Pada Oktober 2020, SRP (Stepanus Robin Pattuju, penyidik KPK) melakukan pertemuan dengan MS (Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial) di rumah dinas AZ (Azis Syamsuddin) Wakil Ketua DPR RI," kata Firli Bahuri dalam jumpa pers di gedung KPK, Kamis (22/4/2021).

Dalam pertemuan itu, Firli Bahuri menyebut Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin memperkenalkan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju (SRP) dengan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial (MS).

Firli lantas berjanji pihaknya bakal mendalami pertemuan antara penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju (SRP) dengan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial (MS) di rumah dinas Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin.

Tag: kpk korupsi Aziz Syamsuddin suap wakil ketua dpr

Bagikan: