Hardiknas di Bulan Ramadan, Ketua KPAI: Setop Bermain Petasan

| 02 May 2021 11:36
Hardiknas di Bulan Ramadan, Ketua KPAI: Setop Bermain Petasan
Ketua KPAI Susanto (Dok. KPAI)

ERA.id - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto meminta orang tua untuk mencegah anaknya bermain petasan di bulan Ramadan.

"Ramadhan merupakan bulan ibadah penuh keutamaan utk umat Islam. Namun pada bulan ini sebagai bentuk menyemarakkan bulan ramadhan, seringkali bermain petasan sebagai bagian dari tradisi yang dilakukan oleh sebagian masyarakat termasuk usia anak," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (2/5/2021).

Susanto mengimbau kepada anak Indonesia, agar manfaatkan bulan ramadan dengan kegiatan yang positif, bermanfaat dan tidak membahayakan.

"Hindari membuat, mendistribusi, menjual dan bermain petasan. Karena bermain petasan membahayakan jiwa anak dan lingkungan sekitar," sambungnya.

Susanto juga meminta kepada orangtua dan tokoh masyarakat agar bekerja sama untuk membimbing dan mencegah anak agar tidak bermain petasan.

"Semata-mata untuk kebaikan dan keselamatan anak dan masyarakat. Apalagi tidak sedikit kejadian di tahun-tahun sebelumnya, bahwa bermain petasan rentan mengancam keselamatan jiwa pemain dan lingkungan masyarakat," tuturnya.  

Rekomendasi