Masjid Istiqlal Adakan Salat Id dengan Jumlah Jamaah Terbatas

Tim Editor

Ilustrasi jamaah di Masjid (Dok. Antara)

ERA.id - Masjid Istiqlal berencana menyelenggarakan Salat Id pada Hari Raya Idulfitri tahun ini. Selain itu, kegiatan malam takbiran juga bakal diadakan di sana.

"Insya Allah ada (Salat Id dan malam takbiran di Masjid Istiqlal)," ujar Kepala Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah saat dihubungi, Rabu (5/5/2021).

Untuk pelaksanaan Salat Id, Abu mengatakan, pengelola Masjid Istiqlal masih menyusun aturan agar protokol kesehatan dapat dijaga di tengah pandemi COVID-19. Pihaknya akan berdiskusi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 tingkat pusat dan daerah untuk jumlah jamaah yang diperbolehkan mengikuti Salat Id di Masjid Istiqlal.

Meski begitu, Abu memastikan, jumlah jamaah yang datang akan dibatasi untuk menjaga protokol kesehatan.

"Untuk Salat Id pasti dibatasi, kami akan bicarakan dengan Satgas COVID-19 tingkat daerah dan pusat berapa persen jamaah yang ditoleransi oleh mereka," kata Abu.

Sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan izin ibadah Salat Id di masjid pada Hari Raya Idulfitri tahun 2021 setelah tahun lalu dilarang karena pandemi COVID-19.

Meskipun pandemi COVID-19 masih melanda, pemerintah mengeluarkan sejumlah peraturan untuk mencegah penularan dan penyebaran virus Corona pada saat Salat Id berlangsung secara berjamaah. Salah satunya mengupayakan agar waktu ibadah tidak terlalu panjang dan mengetatkan protokol kesehatan.

Selain itu, pemerintah juga mengimbau agar jemaaah langsung pulang ke rumah masing-masing dan menghindari kerumunan saat ibadah telah selesai. 

Tag: masjid istiqlal idulfitri covid-19 salat idulfitri

Bagikan: