Masjid Istiqlal Masih 'Puasa' Salat Id Tahun Ini

| 11 May 2021 13:30
Masjid Istiqlal Masih 'Puasa' Salat Id Tahun Ini
Masjid Istiqlal (Dok. Antara)

ERA.id - Masjid Istiqlal tak menggelar ibadah Salat Id Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah secara berjamaah. Ini merupakan kali kedua Masjid Istiqlal tak menggelar Salat Id sejak pandemi COVID-19 merebak di Indonesia.

"Info terakhir, tahun ini Istiqlal tidak melaksanakan Salat Idulfitri," ujar Kepala Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah saat dihubungi wartawan, Selasa (11/5/2021).

Abu mengatakan, alasan pengurus Masjid Istiqlal tak menggelar Salat Id berjamaah tahun ini karena masih ada pandemi COVID-19. Selain itu, juga mematuhi arahan pemerintah, dalam hal ini Menko PMK, Menteri Agama, dan Gubernur DKI Jakarta terkait panduan beribadah di masa pandemi.

"Masih COVID-19, mematuhi arahan Menko PMK, Menteri Agama dan Gubernur DKI," kata Abu.

Sebelumnya, Masjid Istiqlal berencana menyelenggarakan Salat Id berjamaah pada Hari Raya Idulfitri tahun ini. Rencananya, Salat Id akan digelar dengan jumlah jamaah terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, kegiatan malam takbiran juga bakal diadakan di sana.

Adapun dalam panduan penyelenggaraan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah saat pandemi yang diterbitkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas disebutkan, Salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/2021 M di daerah yang mengalami tingkat penyebaran COVID-19 tergolong tinggi (zona merah dan zona oranye) agar dilakukan di rumah masing-masing, sejalan dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia dan ormas-ormas Islam lainnya.

"Salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/2021 M dapat diadakan di masjid dan lapangan hanya di daerah yang dinyatakan aman dari Covid-19, yaitu zona hijau dan zona kuning berdasarkan penetapan pihak berwenang," kata Yaqut.

Rekomendasi