Perayaan Tiga Agama di Hari yang Sama, Menag: 13 Mei Tahun Ini Istimewa

| 13 May 2021 18:47
Perayaan Tiga Agama di Hari yang Sama, Menag: 13 Mei Tahun Ini Istimewa
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: @gusyaqut/Instagram)

ERA.id - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, tanggal 13 Mei tahun ini sangat istimewa. Sebab, Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah dan peringatan Kenaikan Isa Almasih dirayakan di hari yang sama.

"13 Mei tahun ini menjadi hari istimewa. Saat umat Islam merayakan Idulfitri, umat Kristen dan Katolik memperingati Kenaikan Isa Almasih," kata Yaqut melalui keterangan tertulis, Kamis (13/5/2021).

Yaqut mengatakan, perayaan hari besar tiga agama ini harus menjadi momen bagi seluruh masyarakat untuk hidup rukun dan saling menghargai antar umat beragama.

"Ini menjadi momen penting untuk terus merajut kebersamaan, rukun dan saling menghargai dalam perbedaan," kata Yaqut.

Perayaan Kenaikan Isa Almasih, kata Yaqut, memberi pesan kepada umat Kristen dan Katolik untuk terus bersemangat dalam melakukan pelayanan dalam berbagai keadaan, termasuk pandemi. Namun, pelayanan harus disesuaikan dengan menerapkan protokol kesehatan dan disiplin 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan).

"Kristen dan Katolik mengajarkan bahwa Tuhan selalu bersama umat di masa yang paling sulit sekalipun. Manusia juga diingatkan untuk tidak hanya mengedepankan kehidupan material, tetapi juga spiritual. Sebab, ada kehidupan setelah kematian," pungkasnya.

Rekomendasi