Pelaksanaan Pemilu Berhasil, Ketua Komisi VIII: Bulan Ramadan Ini Terasa Istimewa

| 10 Apr 2024 00:30
Pelaksanaan Pemilu Berhasil, Ketua Komisi VIII: Bulan Ramadan Ini Terasa Istimewa
Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahf. (Era.id/Flori Sidebang)

ERA.id - Ketua Komisi VIII DPR, Ashabul Kahfi mengatakan, perayaan Idulfitri 1445 Hijriah terasa istimewa. Sebab, hari raya itu diperingati tepat setelah keberhasilan pelaksanaan Pemilu 2024 serentak di seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah, tahun ini kita dapat merayakan Idulfitri bersama-sama. Komitmen ini akan semakin mengokohkan kebersamaan kita dalam membangun kehidupan yang harmonis, baik dalam beragama, berbangsa maupun bernegara," kata Kahfi dalam konferensi pers di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2024) malam.

"Bulan Ramadan tahun ini terasa istimewa karena kita harus bersyukur pelaksanaan pemilu presiden dan pemilu legislatif sebagai salah satu pesta demokrasi terbesar dunia berhasil kita laksanakan," sambungnya.

Dalam momen Idulfitri tahun ini, Kahfi pun mengajak seluruh masyarakat untuk kembali bersatu usai berbeda pandangan politik saat pemilu lalu.

"Sebagai insan yang beriman kita semua harus mensyukuri hal itu, caranya mari satu padukan lagi pikiran kita hanya untuk Indonesia tercinta, hindari saling curiga, saling menyalahkan, hindari berkata kotor mari semua saling berangkulan sebagai sesama saudara sebangsa," jelas Kahfi.

"Karena sesungguhanya musuh kita jelas adalah kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan dalam bidang teknologi, bukan karena perbedaan paham dan cara pandang," imbuh dia.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) resmi menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Hari Raya Idulfitri 2024 jatuh pada Rabu (10/4/2024). Keputusan ini berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar pada Selasa (9/4).

"Berdasarkan hisab, posisi hilal wilayah Indonesia yang sudah masuk kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) serta adanya laporan hilal yang sudah terlihat, disepakati bahwa 1 Syawal tahun 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April 2024 Masehi," kata Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Selasa (9/4) malam.

Rekomendasi