Doni Monardo Pensiun, Jokowi Resmi Lantik Ganip Warsito Jadi Kepala BNPB

| 25 May 2021 10:40
Doni Monardo Pensiun, Jokowi Resmi Lantik Ganip Warsito Jadi Kepala BNPB
Garnip Warsito (Dok. Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) baru Letjen Ganip Warsito, untuk menggantikan Letjen Doni Monardo yang akan memasuki masa pensiun dari dinas kemiliteran pada 1 Juni mendatang. Pelantikan digelar pukul 10.30 WIB setelah pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah di Istana Negara, Selasa (25/5/2021).

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar NKRI Tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab," ujar Jokowi membacakan sumpah jabatan yang diikuti dan diulangi oleh Ganip.

Letjen TNI Ganip Warsito sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Umum TNI. Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan Doni Monardo akan pensiun per 1 Juni mendatang, sementara jabatan Kepala BNPB harus diisi perwira tinggi yang aktif.

"Pak Doni akan pensiun pada 1 Juni 2021 sehingga harus diganti perwira tinggi TNI yang aktif," kata Hadi kepada wartawan, Selasa (25/5/2021).

Untuk diketahui, Doni menjabat sebagai Kepala BNPB sejak Januari 2019. Sejumlah bencana, termasuk gempa bumi di Palu, dan kebakaran hutan telah banyak ditangani oleh Doni.

Pada Maret 2020, Doni merangkap jabatan sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19. Namun pada Juli 2021, jabatannya berubah menjadi Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

Selama berkarir di bidang kemiliteran, Doni tercatat pernah bertugas di Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD serta Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres).

Doni juga pernah menjabat sebagai Pangdam Siliwangi dan Pangdam Pattimura, serta pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional sebelum ditunjuk sebagai Kepala BNPB pada 2019 lalu. 

Rekomendasi