Vaksinasi COVID-19 Tahap Tiga Dibuka, Kemenkes Targetkan 1 Juta Suntikan Per Hari

| 27 May 2021 14:45
Vaksinasi COVID-19 Tahap Tiga Dibuka, Kemenkes Targetkan 1 Juta Suntikan Per Hari
Ilustrasi vaksin (Dok. Antara)

ERA.id - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menargetkan 1 juta suntikan vaksin COVID-19 per hari. Hal ini diharapkan bisa tercapai dengan dibukanya vaksinasi tahap tiga untuk masyarakat umum di daerah rentan.

"Tahap tiga dibuka, artinya tahap untuk masyarakat umum di daerah rentan dibuka. Nah, kita targetkan bisa sampai 1 juta vaksinasi per hari," kata Dante dalam Rapat Kerja degan Komisi IX DPR RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Dante mengatakan, laju penyuntikan vaksin COVID-19 sempat menurun selama perode Ramadan dan Idulfitri 2021 hingga 250 ribu suntikan per hari. Penyebabnya, karena kurangnya persediaan vaksin. Padahal, sebelumnya dalam satu hari sempat mencapai 500 ribu suntikan vaksin. Namun, setelah libur Lebaran, jumlah suntikan vaksinasi COVID-19 sudah kembali normal. Hanya saja belum bisa mencapai 500 ribu suntikan per hari.

Saat ini, Dante mengatakan, Provinsi DKI Jakarta dan Bali menjadi dua daerah yang paling banyak melakukan vaksinasi kepada warganya. Pada tahap ketiga nanti, pemerintah akan mereplikasikan model vaksinasi di dua provinsi tersebut kepada provinsi lain yang belum mencapai target vaksinasi.

"Daerah yang mencapai vaksinasi terbaik, seperti Bali dan DKI Jakarta. Ini akan direplikasi modelnya, kemudian secara teknik akan diikuti beberapa daerah yang laju kecepatan vaksinmya belum terlalu optimal," kata Dante.

Untuk mempercepat vaksinasi, Kemenkes melakukan sejumlah strategi. Salah satunya penyederhanaan tahapan vaksinasi yang awalnya ada empat meja, menjadi dua meja. Kemudian, Kemenkes juga mengharapkan adanya program vaksinasi gotong royong yang diinisiasi oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dapat mempercepat program vaksinasi.

"Target awal vaksinasi tahap tiga dilakukan per area dimulai di DKI Jakarta dan Bali. Untuk masyarakat umum di atas 50 tahun, kemudian target vaksinasi diprioritaskan kelompok di atas 50 tahun," kata Dante.

Adapun hingga saat ini, pemerintah sudah melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 sebanyak 25.528.772. Terbagi dalam dua tahap, yang pertama sebanyak 15.383.632 dan tahap kedua sebanyak 10.145.140.

Rekomendasi