Politisi PDIP Wacanakan Anies-Puan di Pilpres 2024, Gerindra: Itu Sikap Pribadi, Bukan Partai

| 31 May 2021 14:00
Politisi PDIP Wacanakan Anies-Puan di Pilpres 2024, Gerindra: Itu Sikap Pribadi, Bukan Partai
Sufmi Dasco (Dok. Instagram sufmi_dasco)

ERA.id - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menanggapi usulan duet Anies Baswedan-Puan Maharani di Pilpres 2024. Menurutnya, wacana tersebut merupakan usulan pribadi, bukan sikap dari PDI Perjuangan.

Sebelumnya, politisi PDIP Effendi Simbolon mengusulkan agar Puan dipasangkan dengan Anies ketimbang dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di 2024.

"Itu adalah hak pribadi sebagai seorang warga negara, jadi boleh saja menyampaikan pendapat mau memasangkan siapa dengan siapa untuk Pilpres dan itu bukan sikap pribadi partai jadi bebas saja," ujar Dasco kepada wartawan di Kompleks DPR RI, Jakarta, Senin (31/5/2021).

Dasco mengaku, wacana menduetkan Anies-Puan tak berpengaruh terhadap Gerindra. Lagi pula, gelaran Pilpres masih lama. Saat ini, kata Dasco, Gerindra dan PDIP masih tetap berhubungan baik dan tetap menjalin konsolidasi untuk saling menguatkan masing-masing partai.

"Tidak ada pengaruh dengan Gerindra. Pilpres masih jauh, kami dengan PDIP hubungan tetap baik," kata Dasco.

Sebelumnya, Effendi Simbolon mengusulkan agar Puan berpasangan dengan Anies Baswedan ketimbang dengan Prabowo di Pilpres 2024.

Menurut Effendi, duet Puan-Anies bisa menjadi bentuk rekonsiliasi antara nasionalis dan religius. Dia juga meminta agar Partai Gerindra untuk ikut mendukung pasangan Puan-Anies tanpa harus mengajukan calon.

"Saya punya usul, Mbak Puan itu dipasangkan lagi sama Anies jangan lagi Prabowo, Puan Capres Anies Cawapres," katanya dalam diskusi virtual Medcom yang dikutip pada Senin (31/5/2021).

Rekomendasi