Wacana Anies-Puan, Aria Bima: PDIP Tidak Mikir Capres Tapi Mikir COVID-19

| 31 May 2021 17:56
Wacana Anies-Puan, Aria Bima: PDIP Tidak Mikir Capres Tapi Mikir COVID-19
Puan Maharani memimpin Sidang Paripurna DPR (Dok. Antara)

ERA.id - Setelah digadang-gadang bakal dipasangkan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, kini muncul wacana Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani bakal diduetkan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Menanggapi wacana tersebut, politisi PDIP Aria Bima menegaskan, partainya saat ini tidak sedang fokus memikirkan pencapresan di 2024, melainkan fokus menangani pandemi COVID-19.

"PDIP enggak usah ribut seorang capres cawapres, tidak ada ruang untuk memikirkan capres cawapres 2024. Mikir COVID-19 itu penting," kata Aria di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (31/5/2021).

Lebih lanjut, Aria juga berharap baik Puan maupun Anies sama-sama menjalankan tugasnya sebagai kepala lembaga dan kepala daerah untuk menangani COVID-19. Hal ini menjawab peluang pasangan Anies-Puan terwujud di 2024.

"Yang jelas penting Anies itu menyelesaikan persoalan COVID-19 di DKI. Nanti rakyat yang menentukan," katanya.

Lagi pula, kata Aria, soal siapa yang akan diusung PDIP hanya diketahui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri

"Wallahualam ibu ketua umum yang memutuskan," pungkasnya.

Sebelumnya, politisi PDIP Effendi Simbolon mengusulkan agar Puan berpasangan dengan Anies Baswedan ketimbang dengan Prabowo di Pilpres 2024. Menurut Effendi, duet Puan-Anies bisa menjadi bentuk rekonsiliasi antara nasionalis dan religius. Dia juga meminta agar Partai Gerindra untuk ikut mendukung pasangan Puan-Anies tanpa harus mengajukan calon.

"Saya punya usul, Mbak Puan itu dipasangkan lagi sama Anies jangan lagi Prabowo, Puan Capres Anies Cawapres," katanya dalam diskusi virtual Medcom yang dikutip pada Senin (31/5/2021).

Rekomendasi