Hayati Jejak Perjuangan Bung Karno Lewat 'Indonesia Menggugat', Risma Beri Pesan untuk Generasi Muda

| 02 Jun 2021 16:30
Hayati Jejak Perjuangan Bung Karno Lewat 'Indonesia Menggugat', Risma Beri Pesan untuk Generasi Muda
Tri Rismaharini (Anda Mahardhika/ ERA.id)

ERA.id - Menteri sosial Tri Rismaharini menyambangi jejak bersejarah Bung Karno di Kota Bandung, Rabu (2/6/2021). Ada dua situs penuh histori saat Bung Karno memperjuangkan kemerdekaan.

Risma mengunjungi eks Lapas Banceuy di Jalan Asia Afrika Kota Bandung dan Gedung Indonesia Menggugat (GIM) yang berada di Jalan Perintis Kota Bandung, bersama Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Ono Surono.

Bung Karno dipenjara pernah dipenjara di sebuah ruangan sempit berukuran 2x3 meter di Lapas Banceuy. Risma mengungkapkan rasa haru sekaligus bangga karena Bung Karno banyak berkorban untuk rakyat Indonesia

Saat berada di Gedung Indonesia Menggugat, Risma pun mendengarkan kisah dan naskah pledoi Soekarno yang menggugah para pemuda untuk memerdekakan Indonesia.

"Saya percaya dengan sejarah ini, tidak mudah bagi Bung Karno saat itu bagaimana dia punya mimpi memerdekakan bangsa ini, karena itu menurut saya sangat penting bagi generasi bangsa, khususnya generasi muda untuk mengetahui ini, supaya tidak patah semangat," ujar Risma.

Seperti diketahui, kedua tempat tersebut merupakan Bung Karno pernah dijatuhi hukuman, kemudian ditahan karena bergabung dengan Partai Nasional Indonesia (PNI) pada Desember 1929.

Di dalam ruangan itu, Bung Karno menyusun pledoi 'Indonesia Menggugat' saat menjalani masa persidangan di Landraad atau Pengadilan Kolonial Belanda.

Dia juga berharap generasi di era sekarang bisa peka terhadap arti sejarah, apalagi masih ada bangunan yang menjadi saksi bisu perjuangan Bung Karno di masa penjajahan sampai mempertahankan kemerdekaan.

Rekomendasi