Soal Anggapan 'Indonesia Raya' Adalah Setan, Ustaz Khalid: Pemikiran Kerdil

| 02 Jun 2021 21:03
Soal Anggapan 'Indonesia Raya' Adalah Setan, Ustaz Khalid: Pemikiran Kerdil
Ustaz Khalid Basalamah

ERA.id - Ustaz Khalid Basalamah secara terbuka mengomentari polemik yang melibatkan dirinya soal pelarangan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya'. 

Lewat Youtube Deddy Corbuzier, ia mengklarifikasi hal tersebut. Menurutnya, orang-orang sekarang mudah menyimpulkan sesuatu dari potongan ceramah miliknya.

"Jadi bapak ini mengatakan di sekolah anaknya disuruh nyanyi Indonesia Raya," jelas Ustaz Khalid.

"Tapi yang saya tangkap itu anaknya dia bilang kalo saya tidak ikut saya akan dimarahi. Yang saya tangkap, dia tidak mau anaknya ikut atau anaknya tidak mau ikut (menyanyi)."

Ustaz Khalid lalu menyarankan agar si anak tidak ikut bernyanyi Indonesia Raya khusus dalam momen tersebut, bukan melarang menyanyi lagu kebangsaan untuk selamanya.

"Karena spontanitas. Namanya memang pertanyaan yang tidak disusun sebelumnya maka kita langsung jawab saja," tutur Ustaz Khalid.

Lalu uniknya, netizen juga mengomentari saran Ustaz Khalid yang menyuruh si anak mengganti lagu kebangsaan saat itu, dengan membaca surah Al-Falaq yang dikenal sebagai bacaan pengusir setan.

"Dan bisa saja kalo dia mau baca Al-Falaq misalnya," lanjutnya. "Dan saya sebutkan Al-Falaq, bukan karena Al Falaq bisa mengusir setan."

"Berarti bukan menganggap bahwa lagu Indonesia Raya itu sihir atau setan kan?" tanya Deddy ingin memastikan.

"Oh sama sekali (tidak). Itu terlalu kerdil pemikiran seperti itu. Karena saya pun warga Indonesia. Dari kecil pun saya nyanyi itu," tegas Ustaz Khalid.

Rekomendasi