Khalid Basalamah Sarankan Jemaahnya Tak Nyanyikan Lagu Indonesia Raya, Ayang Utriza: Pindah ke Arab!

Tim Editor

Kolase foto Ustaz Khalid Basalamah dan Ayang Utriza

ERA.id - Video Ustaz Khalid Basalamah yang menjawab pertanyaan jemaah soal kewajiban menyanyikan lagu kebangsaaan Indonesia Raya, dikritik dan viral di media sosial.

Video Khalid Basalamah itu dibagikan pengguna Twitter AhlulQohwah, seperti dilihat pada Selasa 25 Mei 2021, untuk menanggapi sebuah unggahan warganet lainnya yakni LekMarteg yang membagikan video sejumlah orang tengah menyanyikan lagu Indonesia Raya di kolam pemancingan.

LekMarteg mengaku salut dengan sejumlah warga yang kompak menyanyikan lagu Indonesia Raya sembari hormat bendera.

“Keren endak menurut kalian??? Patriotisme yang sungguh bikin marto meng’gedhek-gedhekan kepala. Lokasi : Pemancingan Gabukan Turi Sleman Yogyakarta,” tulis LekMarteg.

Menanggapi video tersebut, netizen AhlulQohwah pun membalas unggahan itu dengan mengunggah video Ustaz Khalid Basalamah yang menyarankan tidak usah ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya saat anak berupacara.

“Waduh. Pada ngga mau nurut pesan pa ustad,” tulisnya.

Dalam video pendek ceramah itu, Ustaz Khalid Basalamah membacakan pertanyaan dari salah seorang jemaah yang menulis bahwa dirinya setiap pagi di sekolah diminta untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

“Sekolah ana tiap pagi ada waktu untuk menyanyi lagu kebangsaan (Indonesia Raya), apa yang harus ana lakukan soalnya jika ana tidak lakukan nanti ditegur guru-guru,” kata Ustaz Khalid membacakan pertanyaan jemaah itu.

Khalid pun lalu memnyarankan agar tak usah ikut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia tersebut. “Gak usah ikut (menyanyikan). Saran saya gak usah ikut!” tegas Ustaz Khalid Basalamah.

“Tentunya ini bukan barerti kita melawan, tetapi saya membahas saran saya. Saya kan ditanya, kalau saya gak usah ikutlah,” tuturnya.

“Mungkin kalau dia lagi nyanyi, antum ulangi Surat Al-Falaq, An-Nas,” ujarnya.

Hal itu lalu membuat intelektual Nahdlatul Ulama, Ayang Utriza Yakin, melalui akun Twitter-nya @Ayang_Utriza memperingatkan dan menyuruh Ustaz Khalid Basalamah pindah ke Arab Saudi.

“Tadz, jika tidak mau menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya & menolak mencintai negera & bangsa ini, silahkan pindah ke Saudi Arabia, tempat & sumber Salafi-Wahabi yang Anda sebarkan di NKRI ini!" tulis Ayang, dikutip pada Selasa 25 Mei 2021.

Tag: nahdlatul ulama Indonesia Raya ustaz lagu indonesia raya ayang utriza khalid basalamah

Bagikan: