Usai Rapat dengan Presiden dan DPR RI, Kemenag Akan Umumkan Nasib Jamaah Haji Besok

| 02 Jun 2021 18:15
Usai Rapat dengan Presiden dan DPR RI, Kemenag Akan Umumkan Nasib Jamaah Haji Besok
Menag Yaqut Cholil Qoumas (Dok. kemenag)

ERA.id - Kementerian Agama akan mengumumkan soal kepastian pemberangkatan jamaah haji ke Arab Saudi pada Kamis (3/6) besok. Pengumuman akan disampaikan di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, masih ada beberapa hal yang harus ditata terlebih dahulu sebelum menyampaikan keputusan kepada publik.

"Kita ambil kesimpulan karena harus ada yang kita tata terlebih dahulu. Insyaallah besok siang akan kami umumkan di kantor kemenag di Thamrin," kata Yaqut di Kompleks DPR RI, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Karena itu, Yaqut meminta masyarakat untuk bersabar. Dia memastikan akan menyampaikan hasil keputusan mengenai Ibadah Haji 2021 secara tranparan.

"Besok akan kita sampaikan ke publik. Sabar sedikit, kan harus ditata. Supaya tidak salah apa yang disampaikan ke publik, harus transparan yang disampaikan ke publik," kata Yaqut.

Adapun hari ini Yaqut telah menggelar rapat bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara dan Komisi VIII DPR RI di Gedung Parlemen untuk membahas kelanjutan ibadah haji 2021.

Sebelumnya, dia menegaskan, hingga saat ini pemerintah Arab Saudi belum memberikan kepastian prihal ibadah haji tahun 2021. Adapun pada tahun 2020 lalu, pemerintah Arab Saudi membuka kembali ibadah haji hanya untuk jamaah di dalam negerinya. Sementara untuk tahun 2021, belum ada kepastian apakah akan dibuka untuk jamaah dari luar negeri.

"Pemerintah Kerajaan Arab Saudi hingga saat ini belum juga memberikan kepastian, sekali lagi, belum memberikan kepastian. Apakah penyelenggarana ibadah haji 1442 Hijriah atau 2021 masehi akan dilaksanakan seperti halnya tahun 2020 lalu yaitu hanya bagi jemaah dalam negerinya atau akan pula mengundang jemaah haji dari luar Arab Saudi," ujar Yaqut dalam Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (31/5/2021).

Rekomendasi